Prodi Pendidikan Agama Islam
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI LANSIA DI TPQ MIFTAHUL ULUM DUSUN GAMBLOK DESA BUTUH KIDUL KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pelaksanaanpembelajaran Al-Qur’an bagi lansia di TPQ Miftahul Ulum. (2) mengetahuiproblematika pembelajaran Al-Qur’an bagi lansia di TPQ Miftahul Ulum. (3) untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi Problematikapembelajaran Al-Qur’an bagi lansia di TPQ Miftahul Ulum Dusun Gamblok DesaButuh Kidul Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian kualitatif denganmenggunakan pendekatan deksriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dataterkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaanpembelajaran Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum dilaksanakan satu minggu hanyadua kali pertemuan yaitu setiap malam sabtu dan malam minggu, pukul 20.00sampai selesai. Dengan menggunakan metode iqro’ dengan system bandongandimana para santri maju satu persatu untuk disimak. 2) Problematika faktorinternal yang dihadapi ustad dan ustadzah TPQ Miftahul Ulum yaitu Penyampainmateri yang sulit di pahami oleh santri lansia. Sedangkan problematika faktoreksternal yang dihadapi ustad dan ustadzah TPQ Miftahul Ulum yaitu alokasiwaktu yang sangat singkat sehingga materi pada hari itu tidak tersampaikansemua. Selanjutnya problematika faktor internal yang dihadapi santri lansiasebagai berikut: a) Banyak santri lansia yang masih buta huruf hijaiyah, b) Sulitnya pengucapan huruf hijaiyah sesui dengan makhorijul huruf, c) Banyaksantri lansia yang belum paham tentang pengaplikasian tanda baca pada AlQur’an, d) Banyak santri lansia yang belum paham tentang ilmu tajwid. Sedangkan faktor eksternal yang dihadapi santri lansia yaitu alokasi waktu yangsangat singkat sehingga pembelajaran tidak efektif. 3) Upaya yang dilakukanustad dan ustadzah untuk mengatasi problematika pembelajaran Al Qur’an di TPQMiftahul Ulum sebagai berikut: a) Menjelaskan dengan menggunakan ilustrasigambaran bentuk dari huruf hijaiyah, b) Selalu mengulangi penjelasannya jikamasih ada santri lansia yang belum paham, c) Menjelaskan dengan pelan dan diulang-ulang agar santri lansia paham tentang pelafalan huruf sesuai denganmakhrojnya, d) Menjelaskan ilmu tajwid dengan bahasa yang mudah dipahamisetelah pembelajaran selesai salah satu santri disuruh membaca satu ayat dalamAl-Qur’an, kemudian secara berurutan santri lansia diminta untuk menjabarkanperkata hukum tajwidnya.
Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Al-Qur’an, Lansia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ambar Istriana - Personal Name
|
Student ID |
2019010098
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |