Prodi Pendidikan Fisika
PEMBELAJARAN FISIKA BERWAWASAN ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
XML
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan dalam pembelajaran fisika. Problematika dan indikator yang selama ini menghantui pembelajaran fisika adalah penerapan metode dalam proses pembelajaran. Jika metode-metode tradisional yang membosankan masih tetap diterapkan dalam pembelajaran fisika maka indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatik peserta didik terhadap guru fisika, tidak tertarik dengan materi- materi fisika dan lama-kelamaan timbul sikap acuh tak acuh terhadap agamanya sendiri. Penulisan skripsi bertujuan untuk mengetahui penerapan wawasan ESQ dalam peningkatan pembelajaran fisika terhadap prestasi siswa kelas VII SMP Takhassus Al Qur’an 2 dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode quasi eksperimen. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis regresi. Penelitian dianalisis hasil pretest dan postest pada pembelajaran fisika berwawasan ESQ dengan konvensional untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa. Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini adalah analisis pengaruh penerapan pembelajaran berwawasan ESQ terhadap peningkatan prestasi siswa.
Kata kunci : Wawasan ESQ, Pembelajaran Fisika, Prestasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rizki Laela Khanifah - Personal Name
|
Student ID |
2020020065
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |