Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA MATERI IBADAH HAJI KELAS VIII DI MTS AN-NUUR KALIERANG
XML
Skripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui metode demontrasi yangditerapkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranFiqih materi ibadah haji di MTs An-Nuur Kalierang; 2) untuk mengetahui adatidaknya peningkatan hasil belajar siswa di MTs An-Nuur Kalierang setelahmengikuti pembelajaran ibadah haji dengan metode demonstrasi. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenispenelitiannya menggunakan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode pretest dan posttest. Kemudian, sumber data diperoleh darisumber data primer dan data sekunder (buku-buku, referensi yang berkaitandengan demonnstrasi, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet). Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Juni 2023. Subyek dalampenelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An-Nuur Kalierang yang berjumlah 42siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Sebelum pembelajaran kedua kelompok diberikan soal pretes. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran ibadah haji dengan metodedemonstrasi, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metodedemonstrasi. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhirberupa tes hasil belajar, kemudian hasilnya diolah dan dianalisis menggunakan ujit, uji gain dan presentase respon. Hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. 1) Dari analisis uji tdiperoleh thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf kesalahan 5% (6,62 > 2,021) maupun taraf kesalahan 1% (6,62 > 2,704) yang artinya terbukti bahwa hipotesisalternatif (Ha) yang diajukan secara signifikan dapat diterima. 2) Hasil uji gainkelas kontrol diperoleh hasil 0,074 dan dapat disimpulkan bahwa peningkatanpenguasaan materi ibadah haji kelas kontrol rendah, dengan hasil uji g yaitu 0,074< 0,7. Hasil uji gain kelas eksperimen diperoleh hasil 0,651 dan dapatdisimpulkan bahwa peningkatan penguasaan materi ibadah haji kelas eksperimensedang, dengan hasil uji g yaitu 0,3> 0,651 > 0,7.
Kata Kunci: Penggunaan, Demonstrasi, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alif Purniawan - Personal Name
|
Student ID |
2019010401
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |