EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

XML

Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2023. Pembelajaran IPA di tingkat SMP dilakukan dengan menggunakan konsep terpadu, namun pada implementasinya masih diajarkan sendiri-sendiri. Pembelajaran secara terpadu harus terus diterapkan agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ada, serta dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa dengan penerapan pembelajaran IPA Terpadu tipe nested menggunakan mind mapping dengan pembelajaran konvensioal. (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan eksperimen dengan menggunakan desain true experimental. Sampel dalam penelitian diambil secara random dengan teknik probability sampling-simple random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Tahun ajaran 2022/2023 yang kemudian diambil dua kelas sebagai sampel, yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, tes yang terdiri dari pretest dan posttest, serta adanya angket berpikir kreatif siswa. Uji hipotesis dalam penelitian diuji menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil yang berbeda. Pada kelas eksperimen yang dilakukan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil yang berbeda, dibuktikan dengan H0 ditolak dan Ha diterima yang ditunjukkan oleh perolehan thitung sebesar 13,29 yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00. Kedua, sesuai denga pengujian hipotesis dengan uji N-Gain terbukti bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunkan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan mind mapping. Uji N-Gain menunjukkan hasil pada kelas eksperimen sebesar 0,62 atau 62,3% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 atau 19%. Dengan demikian terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping.
Kata kunci: IPA terpadu nested, mind mapping, dan berpikir kreatif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nisaul Khoeriyah - Personal Name
Student ID
2019020013
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Darul Muntaha, S.Sos.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail