Prodi Pendidikan Fisika
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
XML
Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2023. Pembelajaran IPA di tingkat SMP dilakukan dengan menggunakan konsep terpadu, namun pada implementasinya masih diajarkan sendiri-sendiri. Pembelajaran secara terpadu harus terus diterapkan agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ada, serta dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa dengan penerapan pembelajaran IPA Terpadu tipe nested menggunakan mind mapping dengan pembelajaran konvensioal. (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan eksperimen dengan menggunakan desain true experimental. Sampel dalam penelitian diambil secara random dengan teknik probability sampling-simple random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Tahun ajaran 2022/2023 yang kemudian diambil dua kelas sebagai sampel, yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, tes yang terdiri dari pretest dan posttest, serta adanya angket berpikir kreatif siswa. Uji hipotesis dalam penelitian diuji menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil yang berbeda. Pada kelas eksperimen yang dilakukan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil yang berbeda, dibuktikan dengan H0 ditolak dan Ha diterima yang ditunjukkan oleh perolehan thitung sebesar 13,29 yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00. Kedua, sesuai denga pengujian hipotesis dengan uji N-Gain terbukti bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunkan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan mind mapping. Uji N-Gain menunjukkan hasil pada kelas eksperimen sebesar 0,62 atau 62,3% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 atau 19%. Dengan demikian terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran IPA terpadu tipe nested menggunakan metode mind mapping.
Kata kunci: IPA terpadu nested, mind mapping, dan berpikir kreatif.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nisaul Khoeriyah - Personal Name
|
Student ID |
2019020013
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |