Prodi Pendidikan Fisika
PENGGUNAAN PENDEKATAN STEM (SCINCE, TECHNOLOGI, ENGINERING AND MATHEMATICS) BERBASIS KETERAMPILAN PROGRAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA PLUS AL-ITTIHAD
XML
Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan STEM (Scince, Technologi, Enginering And Mathmatics) berbasis keterampilan terhadap hasil belajar siswa di SMA Plus AlIttihad Cianjur serta untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika setelah diterapkannya pendekatan STEM (Scince, Technologi, Enginering And Mathmatics) berbasis keterampilan kepada siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen jenis Quasi Experiment dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan sampel yang diambil sebanyak total 75 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu teknik analisis data tahap awal dengan menggunakan nilai pretest dan teknik analisis data tahap akhir dengan menggunakan nilai posttest. Pengujian perbedaan rata-rata pada penelitian ini menggunakan uji-t dan uji peningkatan keterampilan sains menggunakan uji gain. Berdasarkan perhitungan pengujian rata-rata menunjukkan hasil bahwa perhitungan uji Gain kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 61,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,6 sehingga hasil uji Gain untuk kelas eksperimen adalah 0,38 dengan kriteria sedang. Sedangkan perhitungan uji Gain kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,4 sehingga hasil nilai uji Gain kelas kontrol adalah 0,24 dengan kriteria rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan STEM (Scince, Technologi, Enginering And Mathmatics) berbasis keterampilan pada kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Plus Al-Ittihad. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan STEM (Scince, Technologi, Enginering And Mathmatics) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Plus Al-Ittihad. Kedua, hasil perhitungan uji t, thitung bernilai 3,27 dan ttabel bernilai 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5% maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM (Scince, Technologi, Enginering And Mathmatics) berbasis keterampilan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Plus Al-Ittihad
Kata kunci: pendekatan STEM, keterampilan, hasil belajar, mata pelajaran fisika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nasyabil Kamula - Personal Name
|
Student ID |
2016020003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |