Prodi Pendidikan Fisika
UPAYA PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA MELALUI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTS MA’ARIF NGALIAN WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Penelitian ini bertujuan untuk. 1. Mengetahui apakah pengembangan video pembelajaran IPA Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) valid. 2. Mengetahui apakah pengembangan video pembelajaran IPA Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatakan critical thinking siswa. 3. Mengetahui apakah pengembangan video pembelajaran IPA Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan critical thinking siswa dapat diterapkan di MTs Ma’arif Ngalian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang merupakan akronim untuk Analyze, Develop, Implement dan Evaluate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Ngalian sejumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode angket, validasi (ahli media, ahli materi, ahli praktisi serta pengguna) sedangkan diskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatan critical thinking siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test. Kemudian hasil diolah, dianalisis dan dibagikan menggunakan Uji-t dan Uji Gain untuk mengetahui apakah media pembelajaran efektif meningkatkan critical thinking siswa. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan angket ahli materi diperoleh dengan rata-rata 96,43%, dari perhitungan angket ahli media diperoleh rata-rata 94,23%, dari perhitungan angket ahli praktisi diperoleh rata-rata 98,5% sehingga materi, media, video pembelajaran tersebut termasuk kategori sangat baik. Dari perhitungan kelayakan pengguna diperoleh kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan angket validasi, maka video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dinyatakan valid. Hasil penelitian menujukkan bahwa video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dapat meningkatkan critical thinking siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis uji-t menghasilkan ????ℎ???????????????????? = 14,6 dan ???????????????????????? = 2,05 sehingga ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? sedangkan uji N-Gain menghasilkan sebesar 0,69 sehingga peningkatan tergolong sedang. Video pembelajaran IPA Fisika berbasis PBL dapat diterapkan di MTs Ma’arif Ngalian, hal ini dibuktikan dengan hasil angket validasi dari guru mata pelajaran IPA dan pengguna (siswa kelas VII B sejumlah 28 siswa) yaitu masing-masing mendapatkan rata-rata lebih dari 80% sehingga masuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: critical thinking, video pembelajaran IPA, PBL
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Intan Solecha - Personal Name
|
Student ID |
2018020006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |