EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS REAL LABORATORIUM PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETELITIAN SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 BATUR

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS REAL LABORATORIUM PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETELITIAN SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 BATUR

XML

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep, ketelitian, dan respon siswa kelas XII IIPA SMAN 1 Batur setelah menggunakan metode pembelajaran Inquiry berbasis real laboratorium pada materi Induksi Elektromagnetik. Penelitian ini didasarkan kurangnya variasi penggunaan model pembelajaran pada pembelajaran fisika. Teknik pengambilan data dilakukan melalui studi pustaka, penyebaran angket, dan eksperimen dengan memberikan pre test dan post test langsung kepada peserta didik. Desain penelitian yang digunakan berupa pre-Eksperimen One-Group Prestest-Postest Design yaitu model ekperimen dengan memberikan tes awal sebelum suatu kelompok diberi perlakuan dan memberikan tes akhir setelah diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, LK, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada soal tes pemahaman konsep dan LK (lembar kerja) ketelitian yakni uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji Gain. Hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda menunjukkan bahwa soal tes dan LK dapat dinyatakan valid. Hasil analisis data pretest dan posttest menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis real laboratorium pada materi Induksi Elektromagnetik dapat meningkatkan pemahaman konsep dan ketelitian peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Batur. Hal ini didasarkan pada perolehan nilai uji t dan uji N-Gain pemahman konsep dimana nilai t hitung > t tabel (5,5709 > 2,0452). Nilai N-gain sebesar 0,70213 menunjukkan peningkatan pemahaman konsep sebelum dan setelah pembelajaran tergolong tinggi. Respon peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Batur terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis real laboratorium pada materi Induksi Elektromagnetik juga sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil persentase rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran sebesar 86%. Oleh karena itu, model pembelajaran ini valid untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran fisika.
Kata kunci: Efektivitas, inkuiri, real laboratorium, pemahaman konsep, ketelian


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maesaroh - Personal Name
Student ID
2019020020
Dosen Pembimbing
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ahmad Khoiri, M.Pd - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail