Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN ANIME DR STONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK KARYA MANDIRI NU GARUNG
XML
Metode pembelajaran yang dijalankan di sekolah pada umumnya menggunakan metode sederhana dan menggunakan media biasa.berdasarkan hal tersebut kami menyusun model pembelajaran PBL salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembembelajaran siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu unsur pendukung dalam suatu pembelajaran.anime Dr stone merupakan salah satu anime yang dapat menjadi media pembelajaran dalam model pembelajaran PBL untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dengan non equivalent pretest posttest control group design yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode quasi eksperimen dilakukan satu kali pengukuran pada kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Karya Mandiri NU tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan soal tes. Soal pretest dan posttes di uji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-tes, dan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan cara bepikir kritis siswa pada penerapan PBL dengan bantuan Anime Dr stone.Besar peningatan kemampuan berpikir kritis dapat diketahui bahwa peningkatan kelas kontrol adalah 55,11% dengan kategori sedang sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai 71,21% dengan peninggkatan tinggi. Sedangkan pebedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukan dengan uji-t thitung = 4,043 dan taraf signifikan 5%= 2,003 dari hasil perhitungan diketahui 4,043>2,003 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK Karya Mandiri NU pada penerapan model.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Model Pembelajaran PBL, Anime Dr Stone
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Irfan Choerul Anam - Personal Name
|
Student ID |
2019020017
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |