Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SAINS AL-QUR’AN PADA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUAL PADA SISWA KELAS VII
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis sains al-Quran yang layak digunakan pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan sikap spiritual pada peserta didik. 2) Menguji kefektifan modul pembelajaran fisika berbasis sains al-Quran pada Objek IPA dan Pengamatannya dalam meningkatkan Sikap spiritual bagi siswa.
Penelitian ini penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket analisis kelayakan modul, angket analisis kepraktisan dan angket analisis keefektifan yang menggunakan teknik analisis data berupa statistik deskriptif berupa analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk dan uji T dan N.- Gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan sikap spiritual pada siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Ma‟arif Gondang dengan sampel sebanyak 21 anak kelas VII.2. Persentase hasil kelayalakan modul sebesar 97% merupakan kategori “sangat layak”. Proporsi penilaian kepraktisan sebesar 88% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Hasil analisis uji-T pada kurva menunjukkan bahwa T-hitungg berada pada kisaran penolakan Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwaa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga penggunaan modul efektif dalam peningkatan sikap spiritual pada siswa. Berdasarkan ujii N-Gain memiliki peringkat N-Gain sebesar 0,38 dalam kategori sedang atau layak. Berdasarkan hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran fisika berbasis sains Al-Qur‟an layak dan praktis digunakan sebagai media dan sumber pembelajaran fisika.
Kata Kunci: sains Al-Quran, sikap spiritual, modul fisika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Indahtussholikhah - Personal Name
|
Student ID |
2019020023
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |