PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MA TAKHASSUS AL-QUR’AN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MA TAKHASSUS AL-QUR’AN

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Menguji validitas modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi gerak lurus pada pembelajaran fisika. 2) Menguji kepraktisan modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat AlQur’an materi gerak lurus pada pemahaman konsep siswa. 3) Menguji keefektifan modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi gerak lurus.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation)dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif berupa analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk dan uji T untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep siswa kelas XI setelah diberi perlakuan berupa modul pembelajaran fisika yang terintegrasi ayat Al-Qur’an dan N.- Gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Takhassus Al-Qur’an dengan sampel sebanyak 18 anak kelas XI IPA.
Hasil yang didapat menunjukan bahwa: (1) modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an layak digunakan dengan dibuktikan menggunakan uji validitas oleh ahli materi sebesar 96% dan media hasil sebesar 94% dengan kategori sangat layak, (2) modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat AlQur’an berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan dibuktikan menggunakan uji T yang didapat thitung sebesar -20,3902 dan ttabel sebesar -1,6909. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung < ttabel, (3) modul pembelajaran fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil nilai Uji N-Gain sebesar 71,85% dengam kategori tinggi.
Kata Kunci: Modul. Pemahaman Konsep. Intregrasi Ayat Al-Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Harti - Personal Name
Student ID
2019020030
Dosen Pembimbing
Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail