Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE QIRP'ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH BANJARNEGARA
XML
Nelatul Yuniati Mabruroh. PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAMMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DIPONDOK PESANTREN AL-FATAH BANJARNEGARA. Skripsi,Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains AlQur‟anJawaTengahdiWonosobo,2022.Skripsiini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui Bagaimana prosespelaksanaan penerapan metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan santrimembaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Fatah Banjarnegara; 2) Untukmengetahui faktor penghambat dan pendukung metode Qiro‟ati dalammeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-FatahBanjarnegara; 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untukmeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di pondok pesantren al-fatahBanjarnegara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan penggunaanmetode kualitatif yaitu untuk mengetahui secara langsung mengenai penerapanmetode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Sumberdata yang digunakan dalam penelitan ini yaitu sumber data primer yangdidapatkan langsung dari lapangan dan sumber data sekunder yang diperoleh daribuku, jurnal,serta internet. Kemudian, teknik analisis data menggunakan tekniktriangulasi data meliputi tahap pengumpulan data, merangkum atau menentukanpokok-pokok data, merangkum data, serta dilanjutkan dengan melakukanpenarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan penerapanmetode Qiro‟ati di Pondok Al-Fatah sudah berjalan dengan baik karena langkahlangkahmetode serta sistem pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik.Faktor pendukung penerapan metode Qiro‟ati yaitu guru yang sudah profesionaldan dibuktikan dengan adanya syahadah dan pengajar yang sabar dalammenghadapi santri, tegas, baik, berkompeten dibidangnya, pengajar yang selalumemberi motivasi agar santri konsisten belajar, tempat yang luas dan semangatngaji dari para santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu santri yang seringterlambat, waktu yang relatif singkat, minat santri yang naik turun, serta guruyang terkadang datang terlambat. Upaya yang dilakukan yaitu mengupdate danmengupgrade ustadz/ ustadzahnya dengan melakukan penyegaran metodologisetiap 6 bulan sekali. Sistem pengajaran menggunakan klasikal dan individual.
Kata kunci: Penerapan, Metode Qiro‟ati, Kemampuan, Membaca, Al-Qur‟an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nelatul Yuniati Mabruroh - Personal Name
|
Student ID |
2018010480
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6657 NEL p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |