Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP KESETARAAN GENDER MENURUT R.A KARTINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
XML
Astri Handayani, KONSEP KESETARAAN GENDER MENURUT R.AKARTINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIK ISLAM. SKRIPSI,WONOSOBO: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN.UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO,2022.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana konsepkesetaraan gender menurut R.A Kartini dalam perspektif pendidikan islam. (2)Untuk mengetahui relasi kesetaraan gender menurut R.A Kartini denganpandangan pendidikan islam. (3) Untuk mengetahui bagaimana kontekstualisasikonsep kesetaraan gender menurut R.A Kartini di era sekarang.Penelitian ini merupakan mendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitian kepustakaan (library research). Dengan bantuan kepustakaan, diperolehdata berupa buku, artikel, jurnal, penelusuran online, dan lain sebagainya untukpenyempurnaan data yang diperoleh. Sedangkan analisisnya menggunakananalisis fenomenologi dan analisis isi.Berdasarkan hasil penelitian ini pendidikan memiliki peran yang esensialuntuk menunjang potensi wanita yang telah menjadi ibu sebagai pendidikanpertama bagi anaknya. Relasi kesetaraan gender R.A Kartini dengan pandanganpendidikan Islam dapat dilihat pada beberapa poin berikut: tentang kesamaan haklaki-laki dan perempuan dalam mendapatkan pendidikan Islam, perempuansebagai madrasah pertama untuk generasinya berdasarkan konsep pendidikanislam, dan pendidikan memiliki peran yang esensial dalam mendidik akhlak sesuaidengan kepribadian islam.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Astri handayani - Personal Name
|
Student ID |
2018010218
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6659 AST k
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |