Prodi Pendidikan Bahasa Inggri
THE EFFECTIVENESS OF USING THE TALKING STICK METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL AT MA MUALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG
XML
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa di MA Muallimin Parakan Temanggung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan keterampilan berbicara siswa setelah diajar menggunakan metode talking stick dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan metode talking stick dan siswa yang tidak diajar menggunakan metode talking stick. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X MA Muallimin Parakan Temanggung. Subyek penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol.
Hasil data menunjukkan bahwa, ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor rata-rata pre-test (68,15) di kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test (67,15) di kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test (85,45) di kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata post-test (77,50) di kelas kontrol. Standar deviasi post-test (3,395) di kelas eksperimen lebih bagus dari standar deviasi post-test di kelas kontrol (4,371). Dari hasil uji-t sampel berpasangan dan uji-t sampel independen, peneliti menemukan bahwa nilai uji-t sig. (2-tailed) lebih rendah dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti Ha diterima. Dapat dilihat bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan keterampilan berbicara siswa yang diajar menggunakan metode Talking Stick dengan siswa yang tidak diajar menggunakan metode Talking Stick di MA Muallimin Parakan Temanggung.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alif Irfiyanti - Personal Name
|
Student ID |
2018260024
|
Dosen Pembimbing |
Niken Kencono Ungu, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |