• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI CANDIMULYO KABUPATEN WONOSOBO]]> Nur Syafika Setiowati Pengarang Ns. Ari Setyawati, M.Kep Dosen Pembimbing 1 Nazilla Nugraheni,S.ST.,M.Keb Dosen Pembimbing 2 Ns. Ari Setyawati, M.Kep Penguji 2 Nazilla Nugraheni,S.ST.,M.Keb Penguji 1 Anisa Ell Raharyani S.Kep M. Biomed Ketua Penguji
    Latar Belakang : Perkembangan anak melibatkan berbagai aspek seperti motorik, emosi, kognitif, dan psikososial. Fase pra sekolah (5-6 tahun) dianggap sebagai masa keemasan yang penting dalam membentuk moral dan dasar kepribadian anak. Namun, prevalensi masalah perkembangan anak cukup tinggi di Indonesia dan dunia, terutama pada anak usia pra sekolah. Faktor internal dan eksternal mempengaruhi perkembangan anak, termasuk pola asuh orang tua. Pola asuh otoritatif cenderung menghasilkan perkembangan yang baik, sementara pola asuh permisif dapat menyebabkan masalah perkembangan. Deteksi dini penting untuk mengidentifikasi penyimpangan perkembangan anak. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu unrtuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Pertiwi Candimulyo Kabupaten Wonosobo Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian Analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid yang ada di TK Pertiwi Candimulyo Kabupaten Wonosobo berjumlah 108 Anak. Sampel yang didapet berjumlah 52 responden. Hasil : Hasil analisis menunjukkan hubungan antara pola asuh orang tua dan perkembangan anak usia pra sekolah. Dari 32 responden yang menerapkan pola asuh demokratis, semuanya memiliki perkembangan yang normal. Pada pola asuh otoriter, dari 11 responden, 5 responden (45,5%) memiliki perkembangan meragukan dan 6 responden (54,5%) memiliki perkembangan abnormal. Pada pola asuh permisif, dari 9 responden, 2 responden (22,2%) memiliki perkembangan meragukan, dan 7 responden (77,8%) memiliki perkembangan abnormal.