Prodi PGMI
STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN SELF EFFICACY DAN LOCUS OF CONTROL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN 2022
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan self efficacy dan locus of control pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Wonosobo.(2) Mendeskripsikan strategi self-efficaccy dan locus of control dalam memaksimalkan pembelajaran pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Wonosobo.(3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam meningkatkan self efficacy dan locus of control pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan. Sedangkan untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh akan disajikan dan dianalisis sehingga peneliti memperoleh gambaran tentang strategi guru dalam meningkatkan self-efficacy dan locus of control pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Wonosobo untuk selanjutnya peneliti membuat kesimpulan hasil penelitian. Berdasrkan hasil penelitian maka menunjukkan (1) Strategi dalam menumbuhkan self-efficacy dan locus of control pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Wonosobo adalah antara lain memberikan contoh teladan yang baik, pemberian motivasi, dan melaksanakan perencanaan dan pembinaan kepada guru yang mengampu kelas V. (2) dalam proses memaksimalkan self efficaccy dan locus of control, guru juga harus terlebih dahulu mempersiapkan mental, persiapan dan perencanaan mengajar yang tepat, silabus dan penyesuaian kurikulum, penyesuaian materi dan tidak lupa pula menyiapkan mental peseta didik dan menunjukkan kemampuan mereka dalam mengeksplorasi diri dan mampu mengontrolnya dan tercipta proses dan prestasi belajar yang lebih maksimal, memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan hal-hal yang positif yang digemari di kelas. (3) faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam menumbuhkan self-efficacy dan locus of control pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Wonosobo. Faktor pendukung yaitu : Kualifikasi pendidikan guru yang rata-rata lulusan S1, Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, Adanya motivasi dari kepala sekolah dan guru-guru lainnya, Adanya koordinasi perencanaan,pembinaan,dan evaluasi dari kepala sekolah dan guru-guru lainnya. Adapun faktor penghambat yaitu Strategi pembelajaran guru yang kurang matang, Kurangnya motivasi dari pendidik dalam menyampaikan bahan ajar, Minimnya peserta didik dalam menggali informasi lebih dalam melalui media praktek yang telah disediakan, Kurangnya rangsangan orang tua dan guru terhadap tingkat kepercayaan diri, kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik.
Kata kunci: strategi, self-efficacy, locus of control
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Silfani Trisnowati - Personal Name
|
Student ID |
2018030009
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6635 SIL s
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |