Utfi Ulifah
Pengarang
Maryono, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Sri Jumini, M.Pd
Penguji 2
Dr. Moh. Sakir, M.Ag
Penguji 1
UTFI ULIFAH, NIM: 2017010133. PROBLEMATIKA PENGEMBANGANKUALITAS GURU DI MADRASAH DINIYAH MANAARUL HUDAKEMBARAN KEC. KALIKAJAR KAB. WONOSOBO. Skripsi, Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah diWonosobo.Dalam pembentukan akhlak dibutuhkan guru yang dapat membimbingsiswanya dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian maka setiap gurudituntut untuk mengembangkan kualitas dalam mengajar. Hal ini ditunjukkan agargenerasi selanjutnya dapat memiliki kualitas yang lebih baik, dan dapat terciptapembelajaran yang lebih berkualitas. Oleh karena itu kreatifitas dalam pengajaransangatlah dibutuhkan oleh seorang guru. Hal ini menjadi salah satu alasan sangatdiperlukannya pengembangan kualitas guru madrasah diniyah di MadrasahDiniyah Manaarul Huda Desa Kembaran, agar dapat mencapai keberhasilandalam proses belajar mengajar.Adapun tujuan penelitian: 1) Mengetahui problematika yang dihadapidalam proses pembelajaran agama islam di Madrasah Diniyah Manaarul HudaaKembaran, 2) mengetahui faktor pengahambat pengembangan kualitas guruMadrasah Diniyah Manaarul Huda, 3) Mengetahui strategi yang dilakukan untukmemecahkan problematika dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah ManaarulHuda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam,observasi, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dihadapimadrasah diniyah dalam pengembangan kualitas guru terdiri dari priblemkurikulum, problem keterbatasan waktu pembelajaran, dan problempendanaan.strategi yang dilakukan Madrasah Diniyah Manaarul Huda dalampengembangan kualitas guru yang pertama, peningkatan kedisiplinan guru,pembelajaran kitab bagi guru, dan peberian motivasi beajar kepada murid.
Kata kunci : Problematiaka pengembangan kualitas, guru madrasah diniyah