PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL CONNECTED BERBASIS MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI PESERTA DIDIK (DI SMPN 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2020/2021)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL CONNECTED BERBASIS MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI PESERTA DIDIK (DI SMPN 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2020/2021)

XML

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi IPA Terpadu dan gempa bumi beserta mitigasinya. Selain hal tersebut kurangnya sikap serta motivasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui keefektifan pembelajaran IPA Terpadu berbasis mitigasi bencana gempa bumi dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kesiapsiagaan peserta didik. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi setelah pembelajaran IPA Terpadu berbasis mitigasi bencana gempa bumi peserta didik. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA Terpadu berbasis mitigasi bencana gempa bumi.
Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode Quasi experimental. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes pemahaman konsep, angket kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Data di analisis menggunakan uji prasyarat.
Hasil Penelitian ini Berdasarkan kajian teori dan pembahasan penelitian serta mengacu pada rumusan masalah, maka dapat disimpulkan bahwa: (1)Terdapat peningkatan pemahaman konsep materi getaran dan gelombang serta gempa bumi dan mitigasinya. Berdasarkan nilai uji gain sebesar 0,15 pada kelas kontrol dan 0,18 pada kelas eksperimen. Peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal tersebut dilihat dari uji hipotesis dengan hasil t hitung sebesar 0,3 dan t tabel dengan kesalahan relatif 5% sebesar 1,706 dan 1% sebesar 2,476. Lalu dapat disimpulkan bahwa t tabel > t hitung (5%;1,706 > 0,3 dan 1%;2,479>0,3). (3) Pembelajaran IPA Terpadu berbasis mitigasi bencana gempa bumi mendapatkan respon baik dari siswa. Karena 41,09% siswa menjawa setuju dan ini merupakan jawaban tertinggi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arni Nur Pratiwi - Personal Name
Student ID
2016020025
Dosen Pembimbing
Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail