Ari Susanto
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M
Penguji 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan, keberagaman produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada santri pondok pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an). Penelitian ini menggunakan data primer dan alat analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable pengelolaan, keberagaman produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu diketahui nilai koefisien determinasi (adjusted R square) adalah 49,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa variable kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variable pengelolaan, keberagaman produk, dan kualitas pelayanan. Sedangkan 50,5% disebabkan oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini hanya terbatas pada pelanggan di koperasi Al-Azam, sehingga untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas populasi penelitian, serta menambah variable penelitian yang mempengaruhi kepuasan pelanggan misalnya lokasi dan fasilitas.