Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR'AN DI MADRASAH MIFTACHUL ULUM DOMPON KALIKAJAR WONOSOBO
XML
Subehan Mugiyono. IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAMMENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN DIMADRASAH MIFTACHUL ‘ULUM DOMPON KALIKAJARWONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains AL-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Pemahaman terhadap ilmu membaca Al-Qur‟an merupakan syarat pentingyang harus dilakukan seorang muslim dalam menjalankan ibadah agama.Madrasah Miftachul „Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang dipercaya masyarakat sekitar untuk mendidik anak anaknya dalamhal agama dan juga mendidik mereka dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an.Akan tetapi proses pembelajaran di Madrasah Miftachul „Ulum masih terkendalakarena rendahnya kemampuan santri dalam kegiatan baca tulis Al-Qur‟an.Melihat adanya permasalahan tersebut, pihak pengelola Madrasah Miftachul„Ulum menerapkan metode Yanbu‟a yang bertujuan mengembangkankompetensi santri dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an yang baik dan sesuaidengan kaidah bacaannya.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep pembelajaranmetode Yanbu’a yang dilaksanakan di Madrasah Miftachul ‘Ulum dalammeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 2) Untuk mengetahuibagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an di Madrasah Miftachul ‘Ulum. 3) Untuk mengetahui faktorpendukung dan penghambat dari penerapan metode Yanbu’a dalammeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Miftachul ‘Ulum.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif ( fild research ) untukmengamati secara langsung yang terjadi dilapangan dan menganalisis data-databerupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konsep pelaksanaan metodeYanbu’a ini, pihak pengelola Madrasah Miftachul ‘Ulum melakukan penyusunanrencana pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan kelas, jadwal serta gurupembimbing. Sedangkan dalam menerapkan metode Yanbu’a di MadrasahMiftachul ‘Ulum ini, diselenggarakan secara klasikal dengan tujuh tingkatankelas jilid dengan pola dan target pembelajaran masing-masing sesuai dengankemampuan santri. Sedangkan dalam hal evaluasi pihak madrasah melakukanevaluasi pembimbing, evaluasi pembelajaran santri, dan evaluasi kedisiplinansantri serta mengadakan ujian kenaikan jilid dan kemudian hasil dari semuakegiatan belajar mengajar dilaporkan kepada orang tua masing masing santridalam bentuk lampiran rapor. Adapun tujuan pembelajaran Madrasah ini 80persen berhasil, hal ini dipengaruhi oleh beberapa factor pendukung akan tetapiada beberapa factor penghambat juga yang ditemukan oleh peneliti.
Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Pemahaman Baca Tulis Al-Qur’an.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Subehan Mugiyono - Personal Name
|
Student ID |
2016010307
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6600 SUB i
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |