Fitriyani
Pengarang
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M
Dosen Pembimbing 1
Ngathoi'llah Linnaja, Lc., M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 2
Asep Sunarko, M.Pd
Penguji 1
Fitriyani, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK MELALUI KARAKTERNABI MUHAMMAD SAW (KAJIAN Q.S. ALI-IMRAN AYAT 159). Skripsi,Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’anJawa Tengah Di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep implementasi bagiguru pendidikan agama Islam; 2) untuk mengetahui isi kandungan dari Al-Qur’ansurah Ali-Imran ayat 159 dan implementasi konsep pendekatan pembelajaran bagianak berdasarkan Al-Qur’an surah Ali-Imran ayat 159. Oleh karena itu penulisingin mengetahui pentingnya pendekatan pembelajaran bagi anak tersebut, penulisjuga ingin mengetahui pengaruh peranan guru dalam pendekatan pembelajarananak.Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Libraryresearch). Dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisiswacana dan analisis isi (Content Analisi). Oleh karena itu, untuk mendapatkan datadatayang dibutuhkan, peneliti menelaah buku-buku kepustakaan yang relevandengan judul skripsi ini. Berdasarkan penelitian ini, maka kami menyimpulkanbahwa: pertama, pendekatan pembelajaran bagi guru pendidikan agama Islammengembangkan seluruh potensi anak (the whole child) agar kelak dapat berfungsisebagai manusia yang utuh sesuai dan falsafah suatu bangsa. Kedua, konseppendidikan bagi guru pendidikan agama Islam berdasarkan Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 159 yaitu bersikap lemah lembut, pemaa dan bermusyawarah. Ketiga, implementasi konsep pendekatan pembelajaran bagi anak usia dini adalah melalui pembiasaan lemah lembut terhadap anak usia dini dalam lingkungan keluargaterlebih dahulu. Karena keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak yangsangat berpengaruh besar, kemudian baru masuk kedalam lingkungan pendidikandan masyarakat.
Kata kunci : Implementasi Pembelajaran Pendidikan Anak, Q.S.Ali-Imran:159