Leni Widiyanti
Pengarang
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Ahmad Guspul, S.E., M.M
Penguji 1
Dr. Hermawan, S.T., M.M., M.T.
Penguji 2
Strategi pengembangan pada UMKM Sentra Batik Giri Alam menggunakan pendekatan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, and threat) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari faktor internal serta peluang dan ancaman dari faktor eksternal yang berkemungkinan dihadapi oleh UMKM Sentra Batik Giri Alam. Analisis SWOT juga menghasilkan beberapa strategi sebagai rekomendasi dalam proses pengembangan UMKM tersebut. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan matriks SWOT dan pembobotan IFAS dan EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sentra Batik Giri Alam berada pada kuadran I yang mendukung strategi agresif dimana situasi ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dan peluang yang sangat menguntungkan.