PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN MUSHAF BITTIKRAR PADA PROGRAM TAHFIDZ SISWA KELAS X MA AL HIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN MUSHAF BITTIKRAR PADA PROGRAM TAHFIDZ SISWA KELAS X MA AL HIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022

XML

Atta Darojatur Rofi‟ah. PENERAPAN METODE MENGHAFAL ALQUR’ANDENGAN MUSHAF BITTIKRAR PADA PROGRAMTAHFIDZ SISWA KELAS X MA AL-HIDAYAH 1 PURWAREJAKLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022. Skripsi. Wonosobo:Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al-Qur‟an Jawatengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini membahas tentang penerapan menghafal al-Qur‟an denganmetode mushaf Bittikrar. Terdapat beberapa metode yang biasa digunakan dalammenghafal al-Qur‟an, seperti metode tahsin, metode murojaah, metode taqror danmetode mushaf Bittikrar. Disini penulis tertarik untuk mengadakan penelitiantentang metode mushaf bittikrar.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui konsep menghafal al-Qur‟andengan metode Mushaf Bittikrar; 2) Untuk mengetahui penerapan metodemenghafal al-Qur‟an dengan mushaf Bittikrar pada program tahfidz siswa kelas XMA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara; 3) Untuk mengetahui faktorpendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode menghafal al-Qur‟andengan mushaf Bittikrar pada program tahfidz siswa kelas X MA Al-Hidayah 1Purwareja Klampok Banjarnegara.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulkan data dengan metodeobservasi, wawancara serta dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah penggerakpenerapan mushaf bittikrar, guru tahfidz, dan siswa kelas X yang berlokasi di MAAl-Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. Selanjutnya data disajikan dalambentuk yang sesuai dan benar sehingga mudah untuk dipahami, kemudian datadianalisis untuk diambil sebuah kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Konsep menghafal al-Qur‟andengan metode mushaf Bittikrar adalah hafal tanpa menghafal yang dilengkapidengan kolom penandaan sebagai alat tikrar (b) Penerapan metode mushafBittikrar di MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok dianggap efektif untukmenghafal dan membantu guru dalam mendokumentasikan tugas siswa (c) Factorpendukung menghafal Al-Qur‟an dengan mushaf Bittikrar adalah diberikannyamotivasi, adanya keseimbangan dan memudahkan dalam menghafal sedangkanFaktor penghambatnya karena rasa malas, bosan, pengaruh lingkungan danketerbatasan waktu. hal tersebut peneliti dapat dari obvervasi langsung ke MA Al Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara dan hasil wawancara dengan pihak pihak terkait. Kata Kunci:Metode,MenghafalAl-Qur‟an,MushafBittikrar,ProgramTahfid


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Atta Darojatur Rofi'ah - Personal Name
Student ID
2018010089
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Siti Lailiyah, M Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 1
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6586 ATT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail