Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN MUSHAF BITTIKRAR PADA PROGRAM TAHFIDZ SISWA KELAS X MA AL HIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022
XML
Atta Darojatur Rofi‟ah. PENERAPAN METODE MENGHAFAL ALQUR’ANDENGAN MUSHAF BITTIKRAR PADA PROGRAMTAHFIDZ SISWA KELAS X MA AL-HIDAYAH 1 PURWAREJAKLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022. Skripsi. Wonosobo:Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al-Qur‟an Jawatengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini membahas tentang penerapan menghafal al-Qur‟an denganmetode mushaf Bittikrar. Terdapat beberapa metode yang biasa digunakan dalammenghafal al-Qur‟an, seperti metode tahsin, metode murojaah, metode taqror danmetode mushaf Bittikrar. Disini penulis tertarik untuk mengadakan penelitiantentang metode mushaf bittikrar.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui konsep menghafal al-Qur‟andengan metode Mushaf Bittikrar; 2) Untuk mengetahui penerapan metodemenghafal al-Qur‟an dengan mushaf Bittikrar pada program tahfidz siswa kelas XMA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara; 3) Untuk mengetahui faktorpendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode menghafal al-Qur‟andengan mushaf Bittikrar pada program tahfidz siswa kelas X MA Al-Hidayah 1Purwareja Klampok Banjarnegara.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulkan data dengan metodeobservasi, wawancara serta dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah penggerakpenerapan mushaf bittikrar, guru tahfidz, dan siswa kelas X yang berlokasi di MAAl-Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. Selanjutnya data disajikan dalambentuk yang sesuai dan benar sehingga mudah untuk dipahami, kemudian datadianalisis untuk diambil sebuah kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Konsep menghafal al-Qur‟andengan metode mushaf Bittikrar adalah hafal tanpa menghafal yang dilengkapidengan kolom penandaan sebagai alat tikrar (b) Penerapan metode mushafBittikrar di MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok dianggap efektif untukmenghafal dan membantu guru dalam mendokumentasikan tugas siswa (c) Factorpendukung menghafal Al-Qur‟an dengan mushaf Bittikrar adalah diberikannyamotivasi, adanya keseimbangan dan memudahkan dalam menghafal sedangkanFaktor penghambatnya karena rasa malas, bosan, pengaruh lingkungan danketerbatasan waktu. hal tersebut peneliti dapat dari obvervasi langsung ke MA Al Hidayah 1 Purwareja Klampok Banjarnegara dan hasil wawancara dengan pihak pihak terkait. Kata Kunci:Metode,MenghafalAl-Qur‟an,MushafBittikrar,ProgramTahfid
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Atta Darojatur Rofi'ah - Personal Name
|
Student ID |
2018010089
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Siti Lailiyah, M Pd.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6586 ATT P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |