IMPLEMENTASI TARTIL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS X MAS TAKHASSUS AL-QUR'AN AHMAD SARI BRUNO PURWOREJO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI TARTIL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS X MAS TAKHASSUS AL-QUR'AN AHMAD SARI BRUNO PURWOREJO

XML

Metode Tartil adalah cara membaca Al-Qur‟an dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan huruf-huruf dari makhrajnya dengan tepat. Membaca dengan pelan dan tepat maka dapat terdengar dengan jelas masing-masing hurufnya, dan tajwid nya. Dalam proses membaca AL-Qur’an banyak sekali peserta didik yang mengalamai kesulitan dan kasalahan, maka perlu diberi semangat supaya mereka rajin dalam membaca AL-Qur’an dan juga perlu dilihat faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebabnya, untuk itu perlu dilakukan penelitian di Madrasah Aliyah (MA) Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno Purworejo.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui Implementasi Metode Tartil dalam peningkatan membaca al-Qur’an pada siswa kelas X MA Takhasus al-Qur’an Ahmad Sari kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo: 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran membac al-Qur’an siswa kelas X MA Takhasus al-Qur’ah Ahmad Sari Bruno, Purworejo: 3) untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an kelas X MA Takhasus al-Qur’an Ahmad Sari Bruno, Purworejo. Dalam Penelitian ini penulis mengumpulkan teori mengenai metode tartil dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Membaca Al-Qur’an memang sangat penting untuk kita tingkatkan salah satunya yaitu dengan menggunakan metode tartil. Al-Qur’an adalah pedoman umat Islam didunia dan diwajibkan bagi kita semua untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian yang dilakukan menghasilkan analisis akhir dari Implementasi Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah (MA) Takhasus Al-Qur’an yaitu dalam mengajar guru cukup menguasai materi bahkan strategi yang dilakukan sangat bagus dan membuat peserta didik dapat dengan cepat membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid, hanya saja sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah tersebut. Maka, dapat penulis simpulkan bahwa Implementasi Tartil Dalam Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Takhasus Al-Qur’an Ahmad Sari Bruno Purworejo telah berjalan dengan baik dan benar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tiya Adinda - Personal Name
Student ID
2016010310
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6569 TIY I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail