PENGGUNAAN METODE IMTIHAN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA WINDUSARI MAGELANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN METODE IMTIHAN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA WINDUSARI MAGELANG

XML

Novi Tri Barokah, 2018010197, Efektivitas Penggunaan Metode Imtihanuntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Santri di Pondok PesantrenNurul Huda Windusari Magelang. Skripsi Program Studi S.1 PendidikanAgama Islam. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan metodeImtihan. (2) mengetahui upaya meningkatkan efektivitas dan hasil belajar santri.(3) mengetahui efektivitas penggunaan metode Imtihan. (4) mengetahui Faktorpendukung dan penghambat dari metode Imtihan.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau Field research denganpendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian santri pondok pesantren NurulHuda Windusari Magelang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulismenggunakan teknik observasi nonpastisipan, wawancara mendalam dandokumentasi. Analisis data reduksi dat, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa (1) metodeimtihan dilaksanakan setiap dua kali dalam setahun yaitu pada awal bulan mauluddan awal bulan sya‟ban yang diikuti semua santri. Dalam pelaksanaannya terdapatempat tahap yang harus diikuti santri yaitu tahap ujian koreksian kitab, tahap ujianmuhafadzah (hafalan), tahap ujian praktek, dan tahap ujian (kitabah) tertulis. (2)Upaya yang dapat dilakukan pondok pesantren untuk meningkatkan efektivitasdan hasil belajar santri yaitu adanya buku raport santri yang dibagikan kepadawalisantri sebagai evaluasi dan hasil pencapaian santri selama belajar di pondokpesantren, adanya ketentuan tidak naik ke jenjang kelas yang lebih tinggi bagisantri tang tidak lulus dalam pelaksanaan metode Imtihan, dan adanya hukumanbagi santri yang Naqis (tidak lengkap) pada saat ujian koreksian kitab yaitu santritidak diperbolehkan pulang selama liburan berlangsung. (3) Adapun faktorpendukung dari adanya metode Imtihan yaitu adanya penghargaan bagi santriyang meraih nilai tertinggi, besarnya semangat santri untuk saling berlombalombamendapatkan nilai tertinggi sehingga termotivasi untuk terus belajar, danpanitia pelaksana metode Imtihan yanmg rutin rapat koordinasi untuk melancarknpelaksanaan metode Imtihan. (4) Metode Imtihan dipandang efektif diterapkan dipondok pesantren Nurul Huda dikarenakan santri menjadi lebih giat belajar dandapat menjalankan banyak aktivitas yang bermanfaat selain itu santri menjadilebih bisa mengatur waktu dengan baik

Kata Kunci: Penggunaan, Metode Imtihan, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Novi Tri Barokah - Personal Name
Student ID
2018010197
Dosen Pembimbing
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6570 NOV P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail