IMPLEMENTASI GAME-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PABP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX E DI SMP N 2 SELOMERTO WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI GAME-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PABP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX E DI SMP N 2 SELOMERTO WONOSOBO

XML

Alfi Rohmatina Zulva. IMPLEMENTASI METODE GAME-BASEDLEARNING PADA PEMBELAJARAN PABP TERHADAPMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX E DI SMP N 2SELOMERTO WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan. Unversitas Sains AL-Qur‟an Jawa Tengah diWonosobo, 2022.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menela‟ahpenerapan metode game-based learning pada pembelajaran PABP terhadapmotivasi belajar siswa kelas IX E di SMP N 2 Selomerto Wonosobo, serta fakorpendukung dan penghambat yang menyertai.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan datadengan metode wawancara, observasi, dan angket. Data terkumpul kemudiandianalisis menggunakan analisis data yaitu mengorganisasi data, meringkas poin poin penting,mengidentifikasi dan mengklasifikasi tema, membuat ringkasan.Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode game-based learningpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 2Selomerto Wonosobo, sudah sesuai dengan aturan kurikulum 2013 yang dimulaidengan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti,metode game-based learning bisa diterapkan oleh pendidik sehingga dapatmeningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2) Penggunaan metode game-basedlearning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Selomerto Wonosobo, sudah berjalan dengan baik dan efektif karena antusiaspeserta didik dalam pembelajaran dan hampir tidak ada kendala yang dihadapisaat penggunaan metode game-based learning tersebut. Hal ini dibuktikan dengansemangat peserta didik dalam belajar saat pembelajaran serta hasil belajar yangterus meningkat, walaupun masih ada peserta didik yang memiliki nilai standar. 3)Faktor pendukung dari metode game-based learning adalah peserta didik yangterus antusias dan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat darimetode game-based learning adalah terlalu banyaknya waktu yang di pakai danharus memilih permainan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik

Kata Kunci : Metode Game-based Learning, Pendidikan Agama Islam danBudi Pekerti


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alfi Rohmatuna Zulva - Personal Name
Student ID
2018010208
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Siti Lailiyah, M Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 1
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6565 ALF I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail