Yoga Praticta
Pengarang
Dr. Abdul Majid, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Asep Sunarko, M.Pd.I
Penguji 2
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M
Penguji 1
Yoga Praticta. PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKANMODELGROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN DI TPQ AL-IKHLAS DESASUDUNGDEWO KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO.Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains AlQur`anJawaTengahdiWonosobo,2022.DosenPembimbing:1) Dr.,AbdulMajid,M.Pd.2)Fatkhurrohman,M.Pd.Penelitiantindakankelas(PTK)inidilatarbelakangikarenaperluadanyaperhatianterhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an yang masih relatif rendah.Hal ini terjadi karena minimnya penggunaan model pembelajaran yang digunakansehingga peneliti menggunakan model pembelajaran group investigation untukmeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada kelas isnain di TPQ AlIkhlasDesa Sudungdewo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Bagaimana penerapan model group investigation dalam pembelajaran Al-Qur‟anpada siswa kelas isnain TPQ Al-Ikhlas Desa Sudungdewo. (2) Bagaimanapeningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an setelah diterapkan model groupinvestigation pada siswa kelas isnain TPQ Al-Ikhlas Desa Sudungdewo. (3)Bagaimana hasil refleksi pembelajaran Al-Qur‟an dengan model groupinvestigation Al-Quran pada siswa kelas isnain TPQ Al-Ikhlas Desa Sudungdewo.Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan cara kualitatifdeskriptif meliputi lembar observasi, wawancara dan dokumentasi, serta datakuantitatif yang dianalisis secara statistik dengan menyertakan pretest/pra siklus,siklus 1 dan siklus 2.Hasil penelitian dapat disimpulkan melalui 3 poin yaitu (1) Implementasipembelajaran model group investigation dilaksanakan melalui 4 tahapan yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. (2) Hasil peningkatanpembelajaran Al-Qur‟an menggunakan model group investigation pada kelasisnain di TPQ Al-Ikhlas Desa Sudungdewo yang meliputi: pra siklus yangterdapat 2 dari yang tuntas dengan nilai rata-rata 45,83 (C), siklus I, terdapat 8siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 60,41 (B), dan siklus II, terdapat 16 siswayang tuntas dengan nilai rata-rata 82,63 (A). (3) Refleksi atau hasil analisis yangdigunakan pada penelitian dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif.Adapun yang peneliti gunakan untuk mengetahui hasil observasi adalah denganmenggunakan: lembar observasi, teknik wawancara, dokumentasi, tes di setiapsiklus. Adapun faktor penghambat pada siklus I yaitu terbatasnya durasipembelajaran sehingga pada siklus II peneliti berupaya menambah durasipembelajaran guna memperbaiki dan memaksimalkan pembelajaran Al-Qur‟an.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Siswa Kelas Isnain, Model GroupInvestigation.