Safitri Yanti
Pengarang
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep
Dosen Pembimbing 1
Ns. Ikhda Nugraheni, S.Kep., Ns.
Dosen Pembimbing 2
Ns. Marwiati, S.Kep., M.Kep
Ketua Penguji
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep
Penguji 2
Ns. Ikhda Nugraheni, S.Kep., Ns.
Penguji 1
Latar Belakang : Diare adalah kejadian buang air besar (BAB) lembek sampai cair (mencret) dengan frekuensi tiga kali atau lebih dalam sehari. Kejadian diare dapat disertai dengan gejala dehidrasi, demam, mual, muntah, anoreksia, lemah, pucat, mata cekung, membran mukosa kering, dan pengeluaran urin menurun.
Tujuan : memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan pada klien anak dengan diare. Metode : penelitian menggunakan metode asuhan keperawatan, yang terdiri dari pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan observasi, pemeriksaan diagnostik dan rekam medis.
Hasil : Nampak BAB encer 5 x/sehari, turgor kulit lemah, peristaltik usus 24 x/menit, tampak lemas dan pucat, mulut dan bibir kering jumlah urin sedikit. Diagnosa keperawatan diare. Intervensi yang di terapkan pada pasien Monitor warna, volume, frekuensi, dan konsistensi tinja. Implementasi yang dilakukan pemberian cairan intravena dan oral. Evaluasi buang air besar 2
kali dalam sehari, turgor kulit elastis, minum dengan lahap, masalah teratasi intervensi di lanjutkan oleh perawat ruangan.
Kesimpulan : Asuhan keperawatan pada An. K dengan Diare di lakukan melalui 5 tahap proses keperawatan. Semua masalah keperawatan untuk mengatasi masalah-masalah keperawatan di atas dapat di laksanakan secara optimal.