Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI BELAJAR OPTIMAL PESERTA DIDIK (KAJIAN KITAB TA'ALIM MUTA'ALLIM KARYA SYAIKH AZ-ZARNUJI)
XML
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui konsep belajar optimal bagi peserta didik dalam kitab Ta’lim Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji. 2) mengetahui relevansi metode belajar menurut syaikh az-zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim dengan metode belajar saat ini.
Penulisan mengggunakan metode kualitatif yang berupa Library research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan metode documenter dan penelusuan data online. Sumber data yang diperoleh yaitu dari sumber data primer dan sumber data sekunder, data primer adalah kitab yang saya kaji untuk menulis skripsi ini yaitu kitab Ta’lim Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji, sedangkan data sekunder adalah buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan analisis wacana.
Dalam penelitian ini memberikan hasil bahwa, 1) Strategi belajar optimal peserta didik dalam kitab Ta’lim Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji meliputi beberapa cara di anataranya niat, memilih ilmu serta guru, mengagungkan ilmu dan ahli ilmu, bersungguh-sungguh, istiqomah, mempunyai cita-cita yang luhur, bertawakal, dan lain sebagainya. 2) Relevansi metode belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’alim dengan metode belajar saat ini masih relevan karena didalam kitab Ta’lim Muta’alim terdapat strategi pembentukan karakter yang mana sangat dibutuhkan bagi peserta didik di zaman moderen ini diantaranya yaitu: menjaga sikap wara’, istifadah (mengambil faidah pada guru), tawakal dan lain sebagainya.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Helmi Adib - Personal Name
|
Student ID |
2018010074
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6553 HEL S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |