Ganang Panggayuh
Pengarang
Hidayatus Sibyan, M.Kom
Dosen Pembimbing 1
Nahar Mardiyantoro, M.Kom.
Dosen Pembimbing 2
Hidayatus Sibyan, M.Kom
Ketua Penguji
Muslim Hidayat, M.Kom
Penguji 2
Dimas Prasetyo Utomo, M.Kom
Penguji 1
Asesmen Nasional adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk menilai input, proses dan output Sekolah, hasil dari penilaian tersebut akan menghasilkan dokumen yang bernama Rapor Pendidikan. Proses pengumpulan data Asesmen Nasional dilaksanakan dengan basis komputerisasi yang memiliki dua kriteria moda yang dapat dipilih yaitu moda online dan moda semi online. Dalam lingkup wilayah geografis pegunungan, Satuan Pendidikan di Kabupaten Wonosobo mayoritas menggunakan moda semi online, dalam praktik pelaksanaan Asesmen Nasional dengan moda semi online terdapat berbagai macam kendala, dari kendala Sumber Daya Manusia, kendala infrastruktur sampai dengan kendala bencana alam. Proktor sekolah memerlukan pelayanan cepat dan akurat pada saat memiliki kendala sedangkan Helpdesk Kabupaten memerlukan pelaporan yang tepat dan bersifat sangat penting untuk memutuskan suatu kondisi. Sehingga diperlukan sebuah aplikasi sebagai media untuk membantu dalam penanganan masalah (Troubleshooting) pada Proktor Sekolah.
Kata Kunci : Aplikasi, Troubleshooting, Asesmen Nasional, Proktor, Helpdesk