Prodi Teknik Informatika
EVALUASI USER EXSPERIENCE PADA APLIKASI OBAH PAUMENT BERDASARKAN STANDARD ISO 9126
XML
Aplikasi Obah Payment adalah aplikasi payment yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan seperti e-money, pulsa, token listrik dan berbagai layanan pembayaran digital lainya sebagai one stop aplikasi topup menyediakan berbagai operator atau penyedia layanan dari berbagai negara termasuk Indonesia, Malaysia, dan Negara Lain Berdasarkan data yang penulis dapat, yaitu dengan melihat jumlah unduhan aplikasi Obah Payment pada play store berjumlah 500 ribu unduhan lebih, disini penulis akan menggunakan jumlah populasi 100 orang, Perhitungan jumlah responden menggunakan rumus slovin berdasarkan data yang telah diperoleh dengan toleransi error sebesar 10%, berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin diatas jumlah responden yang di butuhkan adalah 99.9999, maka dibulatkan menjadi 100 responden Hasil yang dapat diambil berdasarkan penelitian ini adalah, pada aspek usability pada standard ISO 9126 memiliki 4 variabel yaitu understandibility (mudah dipahami), leranability (mudah dipelajari), operability (mudah dioperasikan), attractive (menarik pengguna). pada variabel understandibility Responden setuju bahwa aplikasi Obay Payment memiliki kendala pada pembelian pulsa. dengan presentase rata-rata jawaban responden 65% yang berarti setuju berdasarkan interpretasi nilai interval pada aspek Understandibility permasalahan yang ada pada pembelian token (mudah dipahami) oleh pengguna. Pada variabel learnability responden setuju bahwa apliksi Obah Payment memiliki kemudahan untuk dipelajari, dengan presentase rata-rata jawaban responden 80% yang berarti setuju berdasarkan interpretasi nilai interval pada aspek Learnability. Pada variabel operability responden setuju bahwa aplikasi Obah Payment memiliki kemudahan untuk dioperasikan, dengan presentase rata-rata jawaban responden 78% yang berati setuju berdasarkan interpretasi nilai interval pada aspek Operability. Pada variabel attractive responden setuju bahwa aplikasi Obah Payment memiliki daya tarik terhadap pengguna, dengan presentase rata-rata jawaban responden 79% yang berarti setuju berdasarkan interpretasi nilai interval pada aspek Attractive.
Kata Kunci : Usability ISO 9126, UX, Aplikasi Obah Payment.
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Achmad Muhajirin - Personal Name
|
Student ID |
2015150037
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Nur Hasanah, M.Kom. - - Ketua Penguji
Dian Asmarajati., M.Kom. - - Penguji 1 Iman Ahmad Ihsanuddin, S.Pd.Kom, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
55201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Informatika
|
Kontributor | |
Bahasa | |
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FST-TI 1979 ACH E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |