29
1
10
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-USHFURIYYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD BIN ABU BAKAR AL USHFURI
Haikal Ihza Nur Muhammad
Pengarang
mixed material
20241219
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
Screenshot_2025-08-11_111816.png.png
PROGRAM PPK ORMAWA BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN ETOS KERJA PELAKU USAHA DI DESA TALUNOMBO
Faiz Muhammad Arrasyid
Pengarang
mixed material
20250117
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2025
Screenshot_2025-08-11_103638.png.png
KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN SAFIINATUNNAJA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MAHASISWA PADA LINGKUNGAN KAMPUS UNSIQ JAWA TENGAH DI WONOSOBO
Muhamad Abdullah Iskandar
Pengarang
mixed material
20241210
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
Screenshot_2025-08-11_100156.png.png
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM EKSTRAKULIKULER KARAWITAN DI MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KLATEN
Vitrotun Hasanah
Pengarang
mixed material
20241219
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
Screenshot_2025-08-11_094928.png.png
PEMBIASAAN DO'A NADHOMAN SEBELUM DAN SESUDAH BELAJAR UNTUK PENDIDIKAN SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH ULYA TAKHASSUS AL-QUR'AN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO JAWA TENGAH
Maslakhatul Khulil Laila
Pengarang
mixed material
20250114
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2025
Screenshot_2025-08-11_092029.png.png
IMPLEMENTASI PERMAINAN TEBAK GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI KB ALBARQI KAUMAN KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024
Sutriani
Pengarang
mixed material
20240718
Wonosobo
2024
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 5 SD AL MADINA WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024
Abillatul Asna
Pengarang
mixed material
20240710
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
7.png.png
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LENGKONG GARUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Farisa Umi Khasanah
Pengarang
mixed material
20240516
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
24.png.png
Skripsi Wonosobo:
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui isi kandungan yangterdapat dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8. 2) Untuk mengetahuikonsep kecerdasan spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟ansurat Al-Muzammil ayat 1-8. 3) Untuk mengetahui bagaimana konsepkecerdasana spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an suratAl-Muzammil ayat 1-8.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat Liberary Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodedokumenter. Kemudian sumber data diperoleh dari data primmer dari berbagaitafsir seperti tafsir ibnu katsir, tafsir Al-Azhar, tafsir Al-Misbah dan tafsirKemetrian Agama. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknikberpikir indukatif yaitu melakukan interprestasi data dan menarik kesimpulanakhir, berdasarkan hasil penelitian. Kemudian menggunakan teknik analisis isi(Content Analysis) dengan mencari isi kandungan dari tafsir dan buku yangmenjelaskan kecerdasan spiritual pendidikan islam pada Al-Qur‟an Surah AlMuzammilayat1-8.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan Al-Qur‟an surat AlMuzammilayat 1-8 berisi tentang wujud kasih sayang Allah kepada Nabinya,perintah untuk melaksanakan bangun di malam hari untuk melaksanakan sholatmalam, perintah untuk membaca Al-Qur‟an dengan pelan dan sesuai kaidah ilmutajwid. 2) Konsep Kecerdasan spiritual Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8menjelaskan tentang empat indikator kecerdasan spiritual yatitu indikator sosial,indikator jiwa, indikator ruhaniah, dan indikator biologis. 3) Konsep kecerdasanaspiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammilayat 1-8 meliputi empat aspek: Pertama Aspek Sosial yaitu denganmenumbuhkan kasih sayang kepada sesama, orang tua dan guru. Kedua Aspekjiwa yaitu dengan jujur terhadap jiwa, tidak iri, dengki , menerima jati diri,mampu mengatasi perasaan gelisah, menjauhi sesuatu yang menyakiti jiwa,memegang syari‟at, keseimbangan emosi, lapang dada, mampu mengontrol diri,percaya diri Ketiga Aspek ruhaniah dilaksakan dengan membaca dan mengkajiAl-Quran sehingga mampu menumbuhkan ketenangan dan kebijaksanaan.Keempat Aspek Biologis dilakukan dengan bangun dimalam hari danmelaksanankan sholat dan dzikir sehingga dalam keadaan tersebut merasakanketenangan jiwa dan tumbuh menjadi pribadi yang mulia.Kata Kunci: Konsep, Kecerdasa Spiritual, Pendidikan Islam
Ambyah
Pengarang
mixed material
20240718
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
13.png.png
PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS V SDN MERGOLANGU KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO
Surwaningsih
Pengarang
mixed material
20240718
Wonosobo
Universitas Sains Al-Qur'an
2024
11.png.png