MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KITAB AL-HIKAM KARYA SYEKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KITAB AL-HIKAM KARYA SYEKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI)

XML

Fatimatuzzahro (2022). Skripsi : Membangun Kecerdasan Spiritual DalamKonsep Pendidikan Islam (Studi Kitab Al Hikam karya Syekh Ibnu„Athaillah). Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan(FITK) Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah diWonosoboUntuk meningkatkan kualitas siswa, Pendidikan tidak hanya terfokuspada IQ(Inteletual Quotient) dan SQ(Emotinal Quotient)nya saja. Kecerdasanspiritual (SQ)pun harus menjadi bahan pertimbangan para ahli pakarPendidikan untuk meningkatkan kualitas siswa. Karena SQ merupakanpenyeimbang antara IQ dan SQ, sehingga siswa tidak hanya menjadi generasiyang cerdas dalam akademis saja, namun cerdas dalam berperilaku Ketikabersosialisasi dengan orang lain. Namun, pada kenyataannya sering terjadi dimasyarakat, hanya fokus kepada Intelektualnya saja, banyak yang belumbahwa keberadaan SQ lebih penting dari IQ dan EQ. Maka dari itu, sebagaipara pendidik untuk saatnya menyadarkan masyarakat akan pentingnya SQdengan cara memberikan pembelajaran spiritual kepada anak sejak dini, salahsatunya dengan penanaman akhlak. Syekh Ibnu „Athaillah yang merupakantasawuf memberikan solusi kepada generasi sekarang melalui kalamhikmahnya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujaununtuk mengetahui cara pandang Pendidikan Islam terhadap kecerdasanspiritual, bagaiman membangun kecerdasan spiritual dalam kitab al-HikamIbnu‟Athaillah as-Sakandari, dan relevansi membangun kecerdasan spiritualpada masa sekarang.Metode penelitin yang digunakan penulis adalah metode penelusuranPustaka (library research), dengan mengumpulkan data, karena penulisan inibersifat kepustakaan dan sumber datanya hanya dapat diperoleh dari buku,ataupun artikel jurnal, setelah data penelitian ini terkumpul, kemudiandianalisis menggunakan analisis isi dan analisis wacana.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pendidikan Islam berperansebagai proses Pendidikan yang merupakan usaha untuk membimbing danmengarahkan potensi manusia dalam hal spiritual, sehingga terjadi perubahandi dalam diri manusia yang tujuannya akan berguna bagi kehidupan sosial.Konsep kecerdasan spiritual ini berupa nilai-nilai yang harus kita terapkansehari-hari, seperti mengajari anak untuk shalat lima waktu sebelum baligh,menerapkan sikap sabar, tawadhu‟, memilih teman dalam bergaul, menerapkan sikap zuhud, ikhlas dalam melaksanakan ibadah. Jadi, sangatpenting menumbuh kembangkan nilai-nilai tersebut demi tercapainyagenerasi yang lebih baik lagi.

Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fatimatuzzahro - Personal Name
Student ID
2018010262
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6238 FAT M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail