UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Ucie Soifatul Faoziah. UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAMMENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMAKEPADA SISWA DI SMA N 1 MOJOTENGAH WONOSOBO.Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Di dalam sekolah yang terdapat beberapa keyakinan ini gurumengupayakan kondisi dalam lingkungan tersebut tercipta kerukunan dankeharmonisan antar umat beragama agar menghindari dari beberapa kasus-kasusbelakangan yang sering terjadi ini tentang pembulian, kekerasan antar agama danlain sebagainya. Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui upaya gurupendidikan agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama kepadasiswa. 2) Bagaimana dalam proses pembelajarannya. 3) Faktor pendukung danpenghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi di SMA N 1 MojotengahWonosobo.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskrptif atau jenis penelitianlapangan. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Mojotengah Wonosobo. Sumberdata dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumberprimer adalah data yang diperoleh langsung dari SMA N 1 MojotengahWonosobo dan data sekunder adalah buku-buku keagamaan dan teori tentangtoleransi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Instrument data menggunakan pedoman wawancara. Ujikeabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Teknik analisis data denganmenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Dengan memberikan arahandan bimbingan kepada siswa guru dapat mempengaruhi kepekaan siswa denganperbedaan yang ada. 2) Pembentukan kelompok diskusi dalam pembelajaran yangdi dalam kelompok tersebutterdapat siswa dengan agama yang berebeda jugamerupakan pengaruh positif untuk perkembangan sosial siswa. 3) Melakukanpendekatan secara daring dan pendekatan secara langsung kepada siswa dan orangtua ini juga cukup relevan untuk di lmembangun sikap toleransi terhadap siswa. 4)Lemahnya kesadaran siswa dalam lingkungan pertemanan, beberapa fasilitas yangmasih dibutuhkan menjadi hambatan guru dalam memberikan pembelajarankepada peserta didik, faktor pendukung dalam masyarakat sekolah ini sangatmemberi dukungan maksimal kepada kegiatan-kegiatan sehingga dapatterselenggara dengan baik.

Kata Kunci : Upaya, Guru Agama, Toleransi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ucie Soifatul Faoziah - Personal Name
Student ID
2018010281
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6236 UCI U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail