PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DALAM KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PUCUNGKAREP (STUDI KASUS KELUARGA TANPA AYAH DI DESA PUCUNGKAREP KEC. KALIWIRO KAB. WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DALAM KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PUCUNGKAREP (STUDI KASUS KELUARGA TANPA AYAH DI DESA PUCUNGKAREP KEC. KALIWIRO KAB. WONOSOBO)

XML

Dwi Epriana. PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DALAM KELUARGASINGLE PARENT DI DESA PUCUNGKEREP (Studi KasusKeluarga tanpa Ayah di Desa Pucungkerep Kec. Kaliwiro Kab.Wonosobo )Prodi/Fakultas : Pendidikan Agama Islam/FITK Universitas SainsAl Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2021Penulisan skripsi dalam judul Pendidikan Akhlak Remaja Dalam KeluargaSingle Parent di Desa Pucungkerep bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui kondisikeluarga single parent, 2) untuk mengetahui Pendidikan Akhlak Remaja serta 3)untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan AkhlakRemaja.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dimana jenispenelitiannya adalah penelitian lapangan yang bersifat (field research). Data-datayang berkaitan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis deskriptif dengan modelanalisis data yang interaktif.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PendidikanAkhlak Remaja Dalam Keluarga Single Parent di Desa Pucungkerep, kondisisosial/ekonomi keluarga single parent pada umumnya berada dikelas menengahkebawah. Karena profesi keluarga single parent sebagai petani dan buruh.Kondisi dalam Pendidikan rata-rata anak mengenyam Pendidikan. Kondisikeagamaan menampakan realitas keagamaan yang ada.Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Keluarga Single Parent adanya Pendidikan Aqidah umumnya mereka selalu melaksanakan shalat, membaca AlQur‟an, Puasa dan Membayar Zakat. Pendidikan Akhlak masih memakai ungahungguh atau pun sopan santun dalam berperilaku. Faktor pendukung mereka penyemanga dalam hidupnya sehingga seorang single parent harus pintar dalam mengatur semua urusan mulai dari merawat,mendidik dan mencari nafkah. Faktor penghambat dengan adanya kesulitandalam ekonomi, akan tetapi mereka yakin bahwa kehidupan tidak selamanyaseperti itu. Walaupun mengurus anak sendiri, mencari nafkah sendiri danmembesarkan anak sendiri bukan menjadi hambatan untuk mereka bertahan.

Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Remaja dan Keluarga Single Parent


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dwi Epriana - Personal Name
Student ID
2018010112
Dosen Pembimbing
H. Ahmad Zudhi, M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fauadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Chairanti Astina M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6221 DWI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail