IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MANINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH 1 ATAP (STUDI KASUS DI SMP N 61 ATAP PUNGGELAN BANJARNEGARA)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MANINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH 1 ATAP (STUDI KASUS DI SMP N 61 ATAP PUNGGELAN BANJARNEGARA)

XML

Dariyah, IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANAUNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAHSATU ATAP (Studi Kasus di Smp N 6 Satu Atap PunggelanBanjarnegara). Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguuan,Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penggunaanimplementasi manajemen sarana dan prasarana di SMP N 6 Satu Atap PunggelanBanjarnegara; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalamimplementasi manajemen sarana dan prasarana di SMP N 6 Satu Atap PunggelanBanjarnegara.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian,subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka sarpras, guru, dan siswa. Adapunteknik analisis yang digunakan adalah tringulasi (teknik gabungan), analisis databersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada maknadaripada generalisasi. Data dihimpun dengan cara pengamatan yang seksama,mencakup deskripsi dalam konteks yang mendetail disertai catatan-catatan hasilwawancara yang mendalam beserta hasil analisis dokumen lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen sarana danprasarana di SMP N 6 Satu Atap Punggelan Banjarnegara mulai dari: 1)perencanaan sudah terlaksana tapi belum berjalan dengan maksimal, 2) pengadaandengan cara penyesuaian kebutuhan saja, 3) penginventarisan belum adapembukuannya, 4) pemeliharaan lebih pada kesadaran bersama dalam menjaga, 5)Penggunaan sarana dilakukan secara berkelompok karena jumlahnya terbatas, 6)Penghapusan lebih pada pembaharuan barang yang rusak, kecuali pada barangyang sudah tidak layak pakai.Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Implementasi ManajemenSarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP N 6 SatuAtap Punggelan Banjarnegara. Yang menjadi faktor penghambat yaitu,ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas, belum adanya pedoman dalampenilaian sarana dan prasarana, kurangnya dana sarana dan prasarana, dankurangnya lahan dalam pembangunan. Adapun faktor pendukung sarana danprasarana yaitu, lokasi strategis, tersedianya sarana dan prasarana meskipunterbatas, kualitas SDM yang baik, tenaga administrasi yang sesuai denganbidangnya,, adanya diklat jabatan struktural, kurikulum, mengidentifikasi faktorkebutuhan dengan skala prioritas, kinerja personal, mengikuti diklat pengelolaansarpras, kepercayaan masyarakat dan kerjasama dengan semua pihak sekolah.

Kata Kunci: Sekolah, Manajemen sarana dan prasarana, Mutu Pendidikan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dariyah - Personal Name
Student ID
2018010211
Dosen Pembimbing
Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6222 DAR I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail