PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MATERI

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MATERI

XML

Skripsi ini bertujuan: 1) mengetahui adanya peningkatan keterampilanproses sains siswa setelah mengikuti pembelajaran praktikum berbasis lingkungan.2) mengetahui ada perbedaan keterampilan proses Sains siswa denganmenggunakan pembelajaran praktikum berbasis lingkungan dengan pembelajaranberbasis video.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan TrueExperimental Design dan metode Pretest-Posttest Control Group Design. KelasVII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan dalam pengumpulan data berupa Lembar Penilaian Praktikum padapembelajaran klasifikasi materi. Teknik analisis data menggunakan ujipendahuluan uji-t. Uji persyaratan analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Ujihipotesis dengan uji t – test dan uji lanjut menggunakan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada peningkatan keterampilanproses Sains siswa dengan menggunakan pembelajaran praktikum berbasislingkungan, dengan hasil analisis uji gain kelas eksperimen n-gain sebesar 0,890berkategori tinggi, sedangkan kelas kontrol berkategori sedang dengan n-gainsebesar 0,514. 2) ada perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah mengikutipembelajaran praktikum berbasis lingkungan, dengan Hasil uji hipotesismenunjukkan bahwa thitung (16,12) > ttabel (2,024) dengan dk 20+20-2=38 dan tarafsignifikan 5%. Sehingga H0 ditolak dan Ha yang berbunyi “terdapat perbedaanpeningkatan dalam penerapan pembelajaran praktikum berbasis lingkunganterhadap keterampilan proses Sains siswa MTs Muhammadiyah Batur Kelas VIITahun Akademik 2022 dalam pembelajaran klasifikasi materi” diterima;Kata Kunci : Praktikum, Lingkungan, Keterampilan Proses Sains,


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Novita Indri Sari - Personal Name
Student ID
2018020022
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PF 6162 NOV P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail