IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DENGAN METODE IQRA' DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ASY'ARIYYAH KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DENGAN METODE IQRA' DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ASY'ARIYYAH KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Mariatul Qiftia. 2021. Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dengan MetodeIqra’ Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah KalibeberMojotengah Wonosobo. Skripsi, Wonosobo, Fakultas Ilmu Tarbiyah DanKeguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah DiWonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaranilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyah,untuk mengetahui teknik evaluasi implementasi pembelajaran ilmutajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyah,dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatimplementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok PesantrenTahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif denganpendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah santribaru Blok F Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah yangberjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajiandata, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran ilmutajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahmenerapkan dua sistem pembelajaran, yaitu: klasikal dan individual.Teknik evaluasi pembelajarannya dengan menggunakan 2 cara yaitu evaluasiharian dan evaluasi kenaikan jilid. Faktor Pendukung implementasi pembelajaranilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyahadalah adanya ustadzah yang sudah memiliki syahadah,pembelajaran yang bertahap, dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkanfaktor penghambat implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah adalah penggunaan waktuyang kurang efektif, ada kegiatan lain yang menjadikan pembelajaran diliburkan,dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang pembelajaran ilmu tajwid.

Kata kunci: Pembelajaran Ilmu Tajwid, Metode Iqra’


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mariatul Qiftia - Personal Name
Student ID
2018010165
Dosen Pembimbing
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Zhul Fahmy Hasani ,M.P.d - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6314 MAR I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail