PENERAPAN METODE SIMA'I DALAM HAFALAN QUR'AN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-JALAL KECMATAN MALAUSMA KABUPATEN MAJALENGKA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE SIMA'I DALAM HAFALAN QUR'AN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-JALAL KECMATAN MALAUSMA KABUPATEN MAJALENGKA

XML

Lusi Nasatul Farohah. PENERAPAN METODE SIMA’I DALAMHAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI PONDOKPESANTREN AL-JALAL KECAMATAN MALAUSMAKABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi, Wonosobo: FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui metode hafalan Al-Qur’an bagi santri pondok pesantren Al-Jalal, 2) untuk mengetahuipenerapan metide sima’i hafalan Al-Qur’an bagi santri pondok pesantrenAl-Jalal, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambathafalan Al-Qur’an bagi santri pondok pesantren Al-Jalal.Jenis penelitian meliputi penelitian lapangan, penelitian kualitatifdan penelitian deskriptif. Obyek penelitian Pondok Pesantren Al-JalalKecamatan Malausma Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Sumber datapenelitian dari santri, guru, dan pengasuh pondok pesantren Al-Jalal. Teknikpengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalammenganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan atau verivikasi data.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Penerapan metode sima’idalam hafalan Al-Qur’an bagi santri pondok pesantren Al-Jalal kecamatanMalausma Kabupaten Majalengka melalui konsep sima’i Al-Qur’an yaitumelakukan persiapan dan mengetahui kiat-kiat awal menghafal Al-Qur’an,waktu untuk menghafal diantaranya sebelum tidur, setelah solat maghribdan sebelum subuh. Adapun metode yang mereka gunakan untuk menghafaldiantaranya metode sima’i dan metode wahdah. Untuk penerapan metodesima’i di pondok pesantren Al-Jalal ini yaitu, dengan cara mendengarkanatau menyimak bacaan langsung dari guru atau teman untuk di hafalkan,kemudian menyetorkan hafalannya kepada guru. Adapun faktor pendukunghafalan bagi santri pondok pesantren Al-Jalal yaitu, niat dengan sungguhsungguh,adanya dukungan dari keluarga, motivasi dari teman, lingkunganpondok yang nyaman dan sarana prasarana yang memadai. Untuk Faktorpenghambat hafalan Al-Qur’an bagi santri pondok ini yaitu, malas untukmuraja’ah, kesibukan antara sekolah dan menghafal, tidak memanfaatkanwaktu luang untuk menghafal dan muraja’ah, kondisi pribadi parapenghafal.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Tahfidz Qur’an.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lusi Nasatul Farohah - Personal Name
Student ID
2018010196
Dosen Pembimbing
Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6246 LUS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail