UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF JOJOGAN KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO MELALUI METODE CROSSWORD PUZZLE TAHUN AJARAN 2015/2016

Detail Cantuman

Prodi PGMI

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF JOJOGAN KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO MELALUI METODE CROSSWORD PUZZLE TAHUN AJARAN 2015/2016

XML

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Crossword Puzzle, untuk mengetahui prestasi belajar IPS siswa kelas V MI Ma’arif Jojogan dan ntuk mengetahui penggunaan metode Crossword Puzzle terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V MI Ma’arif Jojogan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun ajaran 2015/2016
Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Jojogan Kecamatan Kejajar dan sebagai sampel yaitu siswa Kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji hipotesis yang menggunakan siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan siklus I dan siklus II. Penelitian pada siklus dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penggunaan metode Crosssword Puzzle dan hasil belajar IPS siswa kelas V, metode dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diteliti berjumlah 20 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai siklus I dan siklus II hasil nilai IPS siswa kelas IV MI Ma’arif Jojogan tahun pelajaran 2015/2016.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan penggunaan metode Crossword Puzzle ini mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil sebelum menggunakan metode Crossword Puzzle, dapat dilihat dari presentase perolehan siswa dan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil belajar pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 60. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 60%. Untuk siklus II pada nilai rata-rata peserta didik adalah 85. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 95%.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ibnu Mansur - Personal Name
Student ID
0610300182203120078
Dosen Pembimbing
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, Alh., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail