NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KOMUNITAS SENI (STUDI KASUS PEGUYUBAN SETIA JATI DI DUSUN WANAKRIA, KALIKAJAR, WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KOMUNITAS SENI (STUDI KASUS PEGUYUBAN SETIA JATI DI DUSUN WANAKRIA, KALIKAJAR, WONOSOBO)

XML

Dewi Mei Sari (2017010200) : NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAMDALAM KOMUNITAS SENI (STUDI KASUS PAGUYUBAN SETIAJATI DI DUSUN WANAKRIYA, KALIKAJAR, WONOSOBO).Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobotahun 2021Maju mundurnya suatu bangsa, kelompok sosial, maupun negaratergantung dari berkembangnya pendidikan dalam bangsa tersebut. Pendidikanmenjadi kebutuhan pokok, karena melalui pendidikan akan muncul generasi yangcerdas yang bisa memajukan bangsa. Pendidikan merupakan alat penyelamat danpemberi arah mengenai perkembangan seorang maupun kelompok-kelompoksosial secara kesinambungan. Melalui pendidikan akan munculnya nilai, nilaijuga berhubungan erat dengan kegiatan manusia dalam memberikan atas segalasesuatu yang di anggap baik atau tidak baik, berguna atau tidak berguna, pentingatau tidak penting, dan benar atau tidak benar. Jadi nilai itu sangat penting bagimanusia karena nilai juga termasuk konsep yang dipandang penting dalam duniaide dan nilai pastinya ada di dunia.Tujuan dalam penelitian ini supaya mengetahui lebih dalam apa saja nilainilaipendidikan Islam yang terkandung dalam komunitas seni setia jati dankemudian mencari titik temu agar dapat diterapkan dalam pendidikan. Penelitianini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam seni Setia Jatidan untuk mengetahui masyarakat tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam seniSetia Jati agar masyarakat tau tentang nilai-nilai pendidikan Islam yangterkandung di dalamnya.Hasil dalam penelitian ini 1) nilai-nilai yang terkandung dalam seni SetiaJati yaitu nilai religius, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai menghargaiprestasi, nilai ibadah. 2) penerapan dalam nilai-nilai pendidikan Islammenggunakan strategi sebagai : keteladanan nilai tanggung jawab pada pesertadidik. Pembiasaan mampu menerapkan nilai kerja keras dalam melawankebiasaan tidak baik dalam pembelajaran. Nasehat dengan nilai religius dapatmenjadi dorongan dan motivasi untuk peserta didik. Tsawab terdapat nilai kerjakeras, nilai religius dan nilai menghargai prestasi.

Kata Kunci : Pendidikan, Nilai


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Mei Sari - Personal Name
Student ID
2017010200
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6262 DEW N
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail