EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN WUSTHA SETARA SMP DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR JAWAR MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN WUSTHA SETARA SMP DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR JAWAR MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Siti Mahmudah. EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAANWUSTHA SETARA SMP DI PONDOK PESANTREN AL- ANWARJAWAR MOJOTENGAH WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo : FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah diWonosobo, 2022.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pendidikanKesetaraan Wustha setara SMP yang meliputi: (1) keadaan konteks programpendidikan kesetaraan Wustha di Pondok Pesantren Al-Anwar Jawar, (2) keadaanmasukan program pendidikan kesetaraan Wustha di Pondok Pesantren Al-AnwarJawar, (3) pelaksanaan proses pendidikan kesetaraan Wustha di Pondok PesantrenAl-Anwar Jawar, (4) kualitas hasil program pendidikan kesetaraan Wustha diPondok Pesantren Al-Anwar Jawar.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulandata dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dandokumentasi dengan sumber data kepala sekolah PKPPS Al-Anwar, tutor ataupendidik, dan peserta didik. Data terkumpul kemudian dianalisis menggunakananalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) evaluasicontext (konteks) program pendidikan kesetaraan Wustha dapat dikatakan sudahbaik, dikarenakan adanya visi, misi, tujuan dan fungsi lembaga yang jelas; 2)evaluasi input (masukan) pendidikan kesetaraan Wustha dapat dikatakan baik,dan antusias peserta didik yang tinggi untuk mencapai tujuan mereka yaitu untukmeningkatkan ilmu pengetahuan; 3) evaluasi process (proses) program pendidikankesetaraan Wustha dapat dikatakan baik, tapi masih terdapat kekurangan yaknipeserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pesertadidik cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; 4) evaluasiproduct (hasil) program pendidikan kesetaraan Wustha sudah baik, dibuktikandengan adanya peningkatan kualitas yang sudah didapatkkan oleh peserta didikdan peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional dinyatakan lulus semua denganhasil yang baik dan memuaskan yang sudah sesuai dengan indikator ketercapaianprogram pendidikan kesetaraan Wustha.

Kata Kunci: Evaluasi Program, Model CIPP, Pendidikan KesetaraanWustha


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Mahmudah - Personal Name
Student ID
2018010231
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sunarko, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Penguji 1
H. Ahmad Zudhi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Bandung.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6261 SIT E
Copyright
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail