IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MTS MA'ARIF GARUNG WONOSOBO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MTS MA'ARIF GARUNG WONOSOBO PADA MASA PANDEMI COVID-19

XML

Umu Fariyani. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDEDLEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MTSMA’ARIF GARUNG PADA MASA PANDEMI. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi dari modelpembelajaran blended learning pada Mata Pelajaran Fikih; 2) mengetahui faktorapa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasipembelajaran blended learning pada Mata Pelajaran Fikih; 3) mengetahui caramengatasi hambatan-hambatan yang ditemui selama penerapan modelpembelajaran blended learning Pada Mata Pelajaran Fikih.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenispenelitiannya bersifat studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian inimelalui tiga langkah, yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran blendedlearning dengan membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan bahan ajar pokokdan media pembelajaran yang dibutuhkan. 2) Pengelolaan pembelajaran blendedlearning menjadi tanggung jawab guru. Dimulai dengan membuat grup whatsapp,mengelola dan menyampaikan materi, memantau serta memberikan tugas danevaluasi. 3) Pelaksanaan pembelajaran blended learning adalah penggabunganpembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring melalui grup whatsapp. 4)Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran blended learning sebagian besarditemukan pada pembelajaran daring, seperti keterbatasan fasilitas, jaringan, dankuota internet. Sehingga untuk menyiasati hal tersebut guru memberikankebijakan berupa menyampaikan ulang materi serta perpanjangan waktu dalammengumpulkan tugas.

Kata kunci: Blended Learning, Daring, Tatap muka


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Umu Fariyani - Personal Name
Student ID
2018010393
Dosen Pembimbing
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6357 UMU I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail