IMPLEMENTASI MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU RELIGIUS SISWA KELAS 5 SD NEGERI 2 GREGES, KEC. TEMBARAK, KAB. TEMANGGUNG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU RELIGIUS SISWA KELAS 5 SD NEGERI 2 GREGES, KEC. TEMBARAK, KAB. TEMANGGUNG

XML

Ayu Septia Ninda. 2018010192. IMPLEMENTASI MUATANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMTERHADAP SIKAP DAN PERILAKU RELIGIUS SISWAKELAS 5 SD NEGERI 2 GREGES, KEC. TEMBARAK,KAB. TEMANGGUNG. Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2021.Pendidikan Agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalammenyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengimani, bertakwa,berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari kitabsuci Al-Qur‟an dan Al-Hadits, melalui pengajaran, bimbingan, Latihan, sertapenggunaan pengalaman.Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah mengasuh, mendorong,mengusahakan, menumbuh kembangkan manusia takwa. Dalam pencapaiantujuan tentu perlu dilakukannya strategi. Untuk mencapai tujuan tersebut hal yangdilakukan SD Negeri 2 Greges adalah menanamkan karakter religius kepadapeserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi muatanpembelajaran PAI terhadap sikap dan perilaku religius siswa kelas 5 SD Negeri 2Greges, sekaligus perencanaan dan juga faktor yang mempengaruhi implementasitersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang termasukpenelitian lapangan dengan metode penelitian kepustakaan (library research).Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, (3)dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dari pemilihan dan pengumpulandata, penyajian data, penarikan data, penarikan kesimpulan, dan pengecekankeabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi PAIyang dilakukan adalah dengan diadakannya kegiatan keagamaan seperti:Pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), berdo‟a sebelum dansesudah melakukan pembelajaran, menghafal surat-surat pendek, melaksanakansholat Dhuhur berjama‟ah, pembiasaan infaq di hari Jum‟at, dan menjengukteman yang sedang sakit. 2) Faktor pendukung Implementasi PAI dalampembentukan sikap dan perilaku religius siswa diantaranya: adanya sarana danprasarana seperti tempat wudhu, mushola, kematangan peserta didik sertadukungan dari wali murid. Sedangkan faktor penghambat Implementasi PAIadalah perbedaan sikap antara peserta didik, faktor lingkungan, serta latarbelakang peserta didik yang berbeda-beda. 3) Mengetahui dampak Implementasimuatan PAI terhadap sikap dan perilaku religius siswa yaitu sangat berpengaruhpada pembentukan karakter peserta didik.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, KegiatanKeagamaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ayu Septia Ninda - Personal Name
Student ID
2018010192
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
Ali Mu'tafi., S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6363 AYU I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail