Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU RELIGIUS SISWA KELAS 5 SD NEGERI 2 GREGES, KEC. TEMBARAK, KAB. TEMANGGUNG
XMLAyu Septia Ninda. 2018010192. IMPLEMENTASI MUATANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMTERHADAP SIKAP DAN PERILAKU RELIGIUS SISWAKELAS 5 SD NEGERI 2 GREGES, KEC. TEMBARAK,KAB. TEMANGGUNG. Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2021.Pendidikan Agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalammenyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengimani, bertakwa,berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari kitabsuci Al-Qur‟an dan Al-Hadits, melalui pengajaran, bimbingan, Latihan, sertapenggunaan pengalaman.Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah mengasuh, mendorong,mengusahakan, menumbuh kembangkan manusia takwa. Dalam pencapaiantujuan tentu perlu dilakukannya strategi. Untuk mencapai tujuan tersebut hal yangdilakukan SD Negeri 2 Greges adalah menanamkan karakter religius kepadapeserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi muatanpembelajaran PAI terhadap sikap dan perilaku religius siswa kelas 5 SD Negeri 2Greges, sekaligus perencanaan dan juga faktor yang mempengaruhi implementasitersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang termasukpenelitian lapangan dengan metode penelitian kepustakaan (library research).Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, (3)dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dari pemilihan dan pengumpulandata, penyajian data, penarikan data, penarikan kesimpulan, dan pengecekankeabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi PAIyang dilakukan adalah dengan diadakannya kegiatan keagamaan seperti:Pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), berdo‟a sebelum dansesudah melakukan pembelajaran, menghafal surat-surat pendek, melaksanakansholat Dhuhur berjama‟ah, pembiasaan infaq di hari Jum‟at, dan menjengukteman yang sedang sakit. 2) Faktor pendukung Implementasi PAI dalampembentukan sikap dan perilaku religius siswa diantaranya: adanya sarana danprasarana seperti tempat wudhu, mushola, kematangan peserta didik sertadukungan dari wali murid. Sedangkan faktor penghambat Implementasi PAIadalah perbedaan sikap antara peserta didik, faktor lingkungan, serta latarbelakang peserta didik yang berbeda-beda. 3) Mengetahui dampak Implementasimuatan PAI terhadap sikap dan perilaku religius siswa yaitu sangat berpengaruhpada pembentukan karakter peserta didik.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, KegiatanKeagamaan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayu Septia Ninda - Personal Name
|
Student ID |
2018010192
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6363 AYU I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |