IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI MA'ARIF BULUSARI TAHUN AJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI MA'ARIF BULUSARI TAHUN AJARAN 2021/2022

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh: (1) kurangnya penguasaaan siswa terhadap materi pembelajaran sholat yang diajarkan, (2) kurangnya pemahaman siswa tentang materi sholat yang diajarkan, (3) rendahnya nilai praktek sholat yang dilakukan oleh siswa, (4) sedikitnya siswa yang mampu menghubungkan antara materi atau teori dengan praktek pada pembelajaran sholat. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui apakah meode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sholat pada siswa kelas II MI Ma‟arif Bulusari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ma‟arif Bulusari yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, karena data yang disajikan dalam bentuk narasi dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II MI Ma‟arif Bulusari meliputi beberapa proses, meliput tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan penutup atau evaluasi. (2) hasil belajar siswa kelas II mengalami peningkatan setelah menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian prasiklus diketahui bahwa hasil belajar siswa baru mencapai 13% dan masuk dalam katagori kurang baik atau masih rendah. Hasil penelitian tindakan pada siklus 1 peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi meningkat dengan mencapai presentase sebesar 40% tetapi masih dalam katagori kurang baik. Lebih lanjut hasil observasi pada penelitian tindakan siklus II ini peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode demontrasi ini mengalami peningkatan yang cukup pesat dengan mencapai presentase sebesar 93% dan masuk dalam katagori sangat baik. Berdasarkan hasil presentase pada penelitian di siklus II ini dengan presentase 93%, jika mengacu pada kriteria yang sudah ditetapkan yaitu 70% ke atas maka tindakan pada siklus II ini dinyatakan berhasil.
Kata kunci: Metode demontrasi, peningkatan hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ulfa Azizah - Personal Name
Student ID
2017030171
Dosen Pembimbing
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Roni Muslikah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PGMI 6415 ULF M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail