Prodi PGMI
PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD MA'ARIF TIENG TAHUN 2021/2022
XMLTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca peserta didik kelas II di SD Ma’arif Tieng tahun 2021/2022, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan kemmapuan literasi membaca peserta didik kelas II di SD Ma’arif Tieng tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Teknis analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru sudah terlaksana walaupun belum pada taraf yang optimal, peran guru diantaranya sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai inspirator, sebagai inisiator, sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan juga sebagai pengelola kelas hal ini tentu saja membuahkan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan literasi peserta didik di dalam kelas maupun diluar kelas. (2) Faktor yang mendukung berasal dari peran guru itu sendiri dimana guru sudah sangat mengoptimalkan agar peserta didik mampu menumbuhkan kemampuan literasi peserta didik disekolah maupun diluar sekolah.
Kata Kunci : Guru, Literasi, Membaca
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ana Marifatun Hasanah - Personal Name
|
Student ID |
2018030040
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6438 ANA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |