NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN Q.S AL-HUJURAT AYAT 11)

Detail Cantuman

Prodi PGMI

NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN Q.S AL-HUJURAT AYAT 11)

XML

Indonesia adalah negara yang multikultur, sehingga pendidikan di Indonesia selalu mengalami perkembangan tentang bagaimana mengajarkan nilai-nilai pendidikan multikultural yang sudah sedikit demi sedikit dimasukkan dalam pembelajaran, lewat pendidikanlah sebuah nilai-nilai diajarkan dan diharapkan pendidikan mampu menciptakan kualitas manusia, manusia yang berkualitas adalah manusia yang dapat menggunakan potensi fisik dan non-fisiknya untuk melihat dan merespon lingkungan sosialnya, dan menyikapi keberagaman yang ada di lingkungannya bukan menjadi sebuah permasalahan yang dapat menimbulkan kekerasan yang terjadi setiap hari namun merupakan suatu modal keberagaman yang indah, juga di dalam Q.S Al-Hujurat ayat 11 terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yang bisa dijadikan pedoman dalam pengajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu beberapa tafsir al-Qur’an dan buku-buku tentang pendidikan multikultural, dan data sekunder merupakan buku-buku tambahan lainnya yang relevan dengan judul penelitian ini. Untuk pengumpulan data menggunakan metode library research yaitu mengumpulkan berbagai buku-buku yang ada dari berbagai sumber literatur yang sudah ada. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis isi dan analisis wacana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Q.S Al-Hujurat ayat 11 adalah toleransi, nilai saling menghargai, hidup damai dan belajar dari perbedaan kemudian dengan tujuan tidak hanya sebagai pengajaran saja tetapi juga penerapannya yang bisa diajarkan melalui tiga tahapan yaitu values thinking, values affective dan values actions diimbangi dengan pengetahuan guru dan pemberian contoh dan pengawasan dari warga sekolah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Charirotun Nadhifah - Personal Name
Student ID
2014030011
Dosen Pembimbing
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, Alh., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail