Prodi PIAUD
PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BERMUATAN LOOSE PARTS PADA ANAK UNTUK PENGENALAN HURUF DAN ANGKA DI TK MASYITHOH KARANGSAMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengenalanhuruf dan angka pada anak Kelompok A di TK Masyithoh Karangsambung2021/2022. 2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAMbermuatan loose parts pada anak Kelompok A di TK Masyithoh Karangsambung2021/2022. 3) Mengetahui bagaimana peningkatan pengenalan huruf dan angkapada anak Kelompok A di TK Masyithoh Karangsambung 2021/2022 melaluipembelajaran berbasis STEAM bermuatan loose parts.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTKdengan menggunakan model Mc Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakanteknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian yangdigunakan adalah berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dandokumentasi untuk mengetahui peningkatan pengenalan huruf dan angka padaanak. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelompok A TK MasyithohKarangsambung yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didikperempuan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptifkuantitatif.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengenalan huruf dan angkapada anak Kelompok A di TK Masyithoh Karangsambung 2021/2022 masihmenggunakan cara tradisional, sehingga hasil belajar anak didik kurang maksimalkhususnya pada pengenalan huruf dan angka. 2) Pelaksanaan pembelajaranberbasis STEAM bermuatan loose parts pada anak kelompok A di TK MasyithohKarangsambung 2021/2022 dilaksanakan dengan menggunakan penelitiantindakan kelas dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.3) Peningkatan pengenalan huruf dan angka pada anak kelompok A di TKMasyithoh Karangsambung dibuktikan adanya peningkatan persentase dari prasiklus 34%, siklus I 60,41% dan siklus II 83,13%.
Kata kunci: STEAM, Loose Parts, Pengenalan Huruf dan Angka
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Umi Kulsum - Personal Name
|
Student ID |
2018240132
|
Dosen Pembimbing |
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PIAUD 6449 UMI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |