PENERAPAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGLEK UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 3 DI SD NEGRI GONDANG KECAMATAN WATUMALANG TAHUN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGLEK UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 3 DI SD NEGRI GONDANG KECAMATAN WATUMALANG TAHUN 2021/2022

XML

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan media permainan tradisional engklek pada materi bangun datar (2) mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media permainan tradisional engklek (3) mengetahui seberapa besar minat belajar siswa setelah menggunakan media permainan tradisional engklek pada materi bangun datar kelas 3 di SD Negeri Gondang. Penelitian ini merupakan penelitan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang menjadi sampel yaitu siswa kelas 3 dengan jumlah 37 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes, observasi, wawancara dan angklek yang dilakukan saat belajar mengajar, serta dokumentasi. Dengan penerapan metode PTK ini selanjutnya data akan diolah berdasarkan nilai siklus I dan siklus II, untuk mendapatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri Gondang tahun ajaran 2021/2022. Data analisis yang digunakan yaitu menghitung rata-rata dan menghitung presentase ketercapaian indikator minat belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan media permainan tradisional engklek pada materi bangun datar di SD Negeri Gondang Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonososbo tahun ajaran 2021/2022 pada siswa kelas 3 dilakukan dengan mengimplementasikan materi pelajaran pada siklus I dan siklus II siswa diberikan materi pembelajaran, dalam siklus ini guru sebagai mentor sekaligus pengamat terhadap aktivitas siswa. Kemudian siswa diberi lembar evaluasi sebagai alat untuk mengukur seberapa besar minat belajar. 2) Peningkatan minat belajar siswa kelas 3 di SD Negeri Gondang, pada materi bangun datar sebelum menggunakan media permainan tradisionaal engklek yaitu diperoleh nilai rata-rata 6.1, dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 40. Hal ini dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, dan siswa memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. 3) Seberapa besar peningkatan minat belajar siswa menggunakan media permainan tradisional engklek peneliti menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menunjukan besarnya minat belajar siswa setelah menggunakan media permainan tradisional engklek, sebelum menggunakan media nilai rata-rata 6,1, dengan ketuntasan belajar 16,3%, setelah menggunakan media permainan tradisional engklek pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,8 dengan ketuntasan belajar 72,9%, sedangkan untuk siklus II nilai rata-rata 78,1 dengan ketuntasan secara maksimal yaitu 78,4%.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Heny Yustina - Personal Name
Student ID
2018030072
Dosen Pembimbing
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PGMI 6538 HEN p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail