UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF TEGALSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Detail Cantuman

Prodi PGMI

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF TEGALSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media papan penjumlahan pada kelas III di MI Ma’arif Tegalsari, untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar pembelajaran Matematika pada kelas III di MI Ma’arif Tegalsari setelah menerapkan media papan penjumlahan dalam pembelajaran Matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Expermental Design dengan Intact Group Comparasion. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol, kedua kelompok diberi pretest dan postest. Siswa kelompok eksperimen adalah yang menggunakan media papan penjumlahan dalam pembelajaran Matematika sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media papan penjumlahan. Populasinya adalah seluruh siswa MI Ma’arif Tegalsari dengan jumlah 187 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas III MI Ma’arif Tegalsari dengan jumlah 25 siswa. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling.
Hasil analisis menunjukkan thitung =2,5> ttabel=2,0. Hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika. Dengan peningkatan prestasi belajar sebesar dengan hitung = 0,4 yang berarti kategori peningkatan prestasi belajar sedang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Novita Nur Apriliyani - Personal Name
Student ID
2014030014
Dosen Pembimbing
Nasokah, Alh., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail