PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-14

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-14

XML

Latar belakang penelitian ini adalah Baik buruknya sebuah bangsa dipengaruhi pada bangunan karakter generasinya. Karakter yang kuat akan menjadikan sebuah bangsa menjadi kuat pula. Dengan karakter yang positif, akan dapat mengurangi berbagai perilaku destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merenkuh masa depan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana pendidikan karakter anak usia dini, karakter apa saja yang terkandung dalam surat Luqman ayat 13-14. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter anak usia dini, karakter apa saja yang terkandung dalamsurat Luqman ayat 13-14.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian dokumenter (dokumentasi), pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai sumber yang sudah ada. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis wacana dan isi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa politik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Pendidikan karakter serta karakter yang terkandung dalam surat Luqman ayat 13-14 adalah adalah perintah beriman kepada Allah dengan cara menjalankan segala perintahnya serta menjauhi semua laranganya dan perintah berbakti kepada kedua orang tua, selanjutnya berbakti kepada kedua orang tua ini bukan dalam lingkungan kemaksiatan dan kekafiran. Karena taat kepada kedua orangtua bukan berarti boleh melakukan dosa besar. Oleh karena itu mari kita hindari dan cegas sifat musyrik dengan tunduk dan patuh kepada ajaran Allah dan Rasul-Nya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2014030056
Dosen Pembimbing
Nasokah, Alh., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail